Ketika Blogger Pergi


Sahabat, pernahkan kita memikirkan tentang apa yang kita tinggalkan setelah meninggal kelak. Dan amalan apa yang kan tetap mengalir meski kita telah meninggal nanti.

Apabila seorang manusia meninggal maka putuslah amalnya, kecuali tiga hal: Sedekah jariyah, anak yang shalih yang mendo’akannya atau ilmu yang bermanfaat sesudahnya (HR Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Nasa’i dan Ahmad).

Hadist di atas cukuplah sebagai acuan bagi kita. Dan kita kan berusaha memenuhinya dengan ikhlas semata-mata karena mengharap ridho Allah SWT.

Lalau bagaimana dengan kita sebagai blogger?

Sahabat, amalan yang ketiga yakni ilmu yang bermanfaat semoga saja mampu kita miliki. Saya berharap dengan kedangkalan ilmu saya, saya masih bisa bermanfaat. Saya berharap, dengan keterbatasan ilmu  yang saya miliki, saya  mampu menulis yang bermanfaat. Saya berharap dan saya berusaha.

Selayaknya memang kita sebagai blogger haruslah bermanfaat. Bermanfaat untuk menjadikan tulisan kita sebagai ladang amal kebajikan bukan malah untuk meninggikan kecongkakkan. Kita tidak perlu mengklaim sudah, tapi yang harus  kita lakukan adalah terus berupaya tuk melakukannya.

Sahabat,  coba kita bayangkan apabila kelak  setelah kita meninggal masih banyak orang yang membaca postingan di blog kita. Lalu ada dari mereka yang jadi bertambah ilmunya, ada yang tercerahkan hatinya, ada yang terluruskan pemikirannya. Insyaallah karena ini, di akhirat kita kan bahagia, sungguh indah bukan.

Sahabat, jika postingan saya seolah menggurui. Tidak, saya tidak sedang melakukan itu. Saya hanya sedang  mengingatkan diri saya. Jadi, semoga tidak dijadikan ajang perdebatan.

Postingan ini terinspirasi oleh almarhumah Sassie, sang blogger teguh hati yang telah pergi kemarin senin dini hari. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Pemurah. Amin.

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi, Sepenggal Kisah dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

61 Balasan ke Ketika Blogger Pergi

  1. arifromdhoni berkata:

    innaa lillaahi wa innaa ilayhi raaji’uwn.
    yap, jangan lupa berilmu sebelum menyampaikan 🙂

  2. Muzda berkata:

    Untuk Sassie,, selamat jalan…
    Mungkin dia tak pernah tahu, banyak yang merasa kehilangan dia di sini ..
    Ah, dunia blogspeare memang luar biasa,, mampu mengikat tali persaudaraan..

    Saya banyak memetik pelajaran dari sini, ‘A … Blog Sang Sederhana ini adalah ilmu bagi saya
    🙂

  3. imi surya putera berkata:

    Selamat jalan wahai jiwa yang tenang….
    Mulailah detik ini kita memperbaiki diri dengan penyampaian yang mengandung kebenaran, bermanfaat dan bermartabat. Semoga kita selalu berfikir kebaikan bagi banyak orang sebelum memulai sesuatu tindakan dan perbuatan, agar ini menjadi manfaat.
    Salam dari tenggara kalimantan, http://www.imisuryaputera.co.cc

  4. Ikkyu_san berkata:

    setuju dengan Muzda

    Sassie mungkin tidak sadar bahwa dia punya banyak teman
    di dunia yang tidak “nyata” katanya…. tapi sebtulnya persahabatan itu “nyata” adanya.

    Dan benar Aa, semoga dengan blog kita bisa bermanfaat bagi orang lain.
    Amin

    EM

  5. racheedus berkata:

    Selamat jalan, Sassie. Semoga hikmah yang kau tebar di blog menjadi amal jariyah yang kelak menolongmu di alam sana.

  6. okta sihotang berkata:

    selamat jalan sobat, we`re praying for you

  7. geulist133 berkata:

    Menginspirasi A supaya menuliskan lebih banyak Ilmu dibanding yang kagak penting

  8. zigzag berkata:

    gone too soon

  9. Retie berkata:

    Apa kabar kang?

    Aku turut berduka atas kepergiannya Sassie. Sayang aku belum sempat kenal dengan Sassie 😦

  10. newbiedika berkata:

    I’m sorry to hear that… turt berduka cita

  11. kawanlama95 berkata:

    Kawan hari kemarin Allah mengiringku agar selalu mengingatnya, setelah tahu dari seorang blogger bahwa ia sasii telah wafat , maka aku hanya terhenyak . Ya Allah Moga ia diterima amal ibadahnya dan di masukan dalam surganya. Amien

  12. DV berkata:

    Ikut berduka cita!
    Beberapa kali dulu saya mengalami teman-teman blogger yang meninggal, kesannya memang begitu menyedihkan, tapi secara tak sadar mereka meninggalkan satu hal yang luar biasa, tulisan dan pemikiran.

    Jadi mikir nih, sepertinya kita para blogger perlu beli asuransi yang bisa membayarkan hosting blog kita meski kelak kita telah mati.

    Bener nggak?

    Tulisan yang bagus!

  13. fachri berkata:

    Insya Allah, kita sama-sama saling mengingatkan dalam kebaikan

  14. Harsa berkata:

    insya Allah semua karya yang kita bikin yang dapat dinikmati keindahannya dan bermanfaat bagi orang banyak dapat membantu kita diakhir hayat nanti…tulisan berbagi yang indah.. 🙂

    saya juga turut bercuka cita untuk Sassie..

  15. siafa berkata:

    ya harus diakui tuan ini memang hebat..postingan pasti bermutu..
    tuan memang dahsyat…
    tetep pegang teguh pndirian..yang tuan idealiskan pasti ketemu..
    asal mau nunggu aja…
    lihat tuh keatas tuhan sedang senyum2….
    dengan segala kebaikan tuan.. yakin aja tuhan pasti berikan apa yang tuan minta…..

    ——————————————————
    ——————————————————
    ada tiga lagi yang bakal kita tinggalkan ketika kita wafat
    yaitu ::::
    1. istri pertama yang salehah..
    2. isrti kedua yang dermawan..
    3. istri ketiga yang rupawan..

    hahahahahahahahahhahahahahahahhahahahahahhahh ^_^
    😛 😀 🙂

  16. Selamat jalan Sasie…………semoga Allah mengampuni semua Dosa n Khilafmu dan menerima segala Amal dan Kebaikanmu

  17. Aden Kejawen berkata:

    Semoga Allah memberikan tempat yang terbaik bagimu sahabat!

  18. Rian Xavier berkata:

    mungkin blog saya yang ditinggalkan. heheheeh. :mrgreen:

  19. deeedeee berkata:

    innaa lillaahi wa inna ilaihi raaji’uun
    semoga amalannya diterima di sisi Alloh.. aamiin

    tulisan saya sepertinya belum bisa bermanfaat bagi org lain.. *menundukan kepala*

  20. kejujurancinta berkata:

    innaa lillaahi wa inna ilaihi raaji’uun
    walau saya tidak mengenalnya
    tp sebagai sesama manusia (muslim) saya turut berdukacita

    selamat jalan saudaraku
    semoga blog kang haris selalu memberi pencerahan bagi pembacanya

  21. ria manies berkata:

    :”( jadi ikut syedihhh…. semoga sahabat blogger kita shie…. di terima amalnya… amin….

  22. julie berkata:

    innalillahi wa inna ilaihi rojiun
    semoga keluarga yang ditinggalkan tabah
    dan aku yakin sahabat kita Sassie adalah blogger hebat yang tulisan2nya akan selalu bermanfaat buat sahabat blogger lainnya

  23. News Online berkata:

    Wew..
    Innaalillahi..
    Sekalipun belum knal..
    Sbg sesama blogger..
    Saya turut berduka..
    ..
    Salam knal ya kk.. 😉

  24. Indra1082 berkata:

    Selepas Kau Pergi….
    Tinggallah disini ku sendiri…..

  25. Mas Indra berkata:

    Semoga diterima di Ridho-Nya

  26. wahyu berkata:

    Dimana-mana ada sasie… sasie oh sasie betapa mulia nya dirimu.

  27. omiyan berkata:

    saya mengenal sazhqi tidaklama tapi tulisannya emang enak buat kita baca semoga Almarhumah diterima amal ibdah-Nya persahabatan yang ada semoga akan tetap terjalin dan blognya akan menjadi kenangan terindah buat kita yang ditinggalkan

  28. Anita Dahlan berkata:

    Aslmlkm…
    cedih bgt baca-y..q sengaja’in bertamu ke blog Alm.Sassie…..sungguh memilukan…bahagiamu abadi disana sahabat..

  29. sangjaka berkata:

    Kulihat tulisan terakhir di blognya
    Sungguh indah dan mencerahkan
    Terukir pesaan terakhir
    “Yuk, kita jaga kebersihan hati kita dan pandai-pandailah mensyukuri nikmat dari-Nya”

    Semoga amal ibadah almarhumah diterima Allah SWT,

    Semoga kita bisa menjadi blogger yang bermanfaat.
    Amin!

  30. tuyi berkata:

    Makasih KAng…
    Kamu telah mengingatkan kita semua…
    Buat Sassie, smoga kamu tetap bahagia di alam sana..

  31. easy berkata:

    ikut berduka cita atas kepergiannya.
    postinganmu selalu sarat makna kang 🙂

  32. kezedot berkata:

    selamat jalan sassie…………
    salamhangat dalam persdahabatan bersama blue dan kezedot

  33. Ping balik: goblog berbagi award | goblog ofaragilboy

  34. .lala berkata:

    selalu jadi ‘putaran’ yah masalah postingan blogger…
    but, siapa saya atu kamu siyh yg menilai suatu postingan itu bermanfaat apa ngga..
    mau apapun yg diposting blogger *rada sebel denger kata blogger, tkesan sok mengekslusifkan diri*
    suka atau ngga suka, postingan itu udah jadi kepastian *suatu kejadian* dalam hidupnyah, yg pasti akan berakibat pada hidupnya atau yg bacanya, dan masalah manfaat, itu juga subjektif. keahlian nyopet kalo kata pencopet mah manfaat, mun buat sayah mah heunteu..

    oh, utk sassie, *Saya ga kenal dan gatau* semoga amal ibdahnya diterima disisi Tuhan yang Maha Esa. amin

  35. Kelak kita pasti berjumpa lagi dalam suatu masa….
    selamat Jalan sahabat.

  36. wi3nd berkata:

    u/ sassie, i’m sory to hear thats. 😦
    rest in peace…

    mmm.. setuju A semo9a sepenin99alnya nanti tulisan2 para blo9er masih bisa bermanfaat wat yan9 lain.. 🙂

  37. ceznez berkata:

    Inalillahi wainalillahi roji’un

  38. Ping balik: Ketika Blogger Pergi « Sang Sederhana | Bisnis Online

  39. Rindu berkata:

    Sassie sudah bahagia disana mas, selama mendampingi Sassie memang gadis yang ingin mengambil 1% kesempatannya untuk sembuh.

    http://rinduku.wordpress.com/2009/04/21/selamat-jalan-sassie/

  40. dian berkata:

    Semua yang berasal dari-Nya hanya akan kembali pada-Nya.
    Jadi berpikir untuk mengecek semua postingan. Jangan-jangan selama ini sudah salah menulis atau menyakiti orang.

  41. casual cutie berkata:

    memang sih kalo kita mati masih banyak yang baca postingan kita di blog, asalkan blog kita ga di banned wordpress/blogspot. nah, kalo blog pribadi spt .com,.biz, .net, dll kalo ga diperpanjang hosting dan domainnya ya di banned juga. akirnya tulisan kita pun menghilang siring hilangnya kita di dunia nyata. ironis…

  42. antown berkata:

    semoga blog yang bagus ini tidak dihapus. blog ini membuat saya banyak merenung

  43. rickyarianda berkata:

    innalillahi wa inna ilaihi rojiun…

  44. *hari berkata:

    semoga saja saya ngga meninggalkan hutang 😆

    * buat sassie : pulanglah dalam damai…

  45. Ade berkata:

    ikut berdika cita atas kepergian Sassie..

  46. Rahman berkata:

    Assalamu alaikum kang,

    slam kenal dari saya rahman….
    silahkan kunjungi blog saya juga yang tak pernah di urus 🙂

  47. mesin kasir berkata:

    Semua berasal dari-Nya dan kembali pada-Nya, Semoga tulisan tulisanya masih membekas dihati pembaca dan meninggalkan pesan pesan baik, harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, blogger meninggal , meninggalkan tulisan kebaikan, semoga amin 3 x

  48. bocahbancar berkata:

    Saya turut berduka MAs setelah tahu berita ini dari BLOG Mbak Ade..

    Moga2 Mbak Sassie diberikan kemudahan tentu saja dengan doa dari kita semua…

    Turut berduka cita….

    Salam Blogger…..

  49. dobelden berkata:

    turut berduka cita 😐

  50. turut berduka cita.. mudah2an sassie mendapat kemudahan dan kelancaran di alam yang sudah berbeda dengan kita..

    amin

  51. vaepink berkata:

    Eva turut berduka ya ‘a, Eva jadi inget paman eva yang meninggal hari selasa kemaren hick… tapi Mudah-mudahan mereka mendapat tempat yang indah disisiNya, InsyaAllah (amin) ,

  52. rayyahidayat berkata:

    malu…
    menjadi blogger tapi belum bermanfaat bagi orang lain. 😦

  53. Maharani Firdaus berkata:

    Hmm

  54. elindasari berkata:

    Mas Turut berduka atas kepergiaan Sassie. Semoga Sie mendapatkan tempat TERBAIK disisiNYA. Amien. Saya juga mempostingkan untaian kata atas “kepergiaan” Sahabat, adik kita Sie di blog saya. Semoga banyak hikmah positif yang bisa kita petik atas kehadiran Sie di dunia perblogeran,meski kini dia sudah tiada, hikhikhik….cry

    Best regard,
    Bintang

  55. hanif berkata:

    Semua alasan mas Achoey di atas menjadi alasanku mengapa aku menjadi blogger, aku tak ingin hanya meninggalkan 3 baris dalam kehidupanku …
    Nama….
    lahir tanggal….
    wafat tanggal…

  56. olvy berkata:

    innalillahi wa innalilahi rojiun..turut berduka cita untuk sassie

    A bener2 mengingatkan sekaligus bikin ku merenung kok dengan postingan ini..sama sekali bukan menggurui..

  57. Nug berkata:

    Sesungguhnya dunia nyata dan dunia maya itu saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain.
    Tentu saja Blog akan bisa menjadi rekam jejak yang jika diisi dengan hal2 yang positif akan bisa bermanfaat bagi para pembacanya.
    Namun tentu karya-karya nyata kita dalam dunia nyata jangan sampai dilupakan. Karena itu akan memberi dampak langsung pada kehidupan kita maupun orang lain.
    So, mari kita semua sama2 terus berkarya didunia nyata dan didunia maya.. 🙂

    Sassie telah pergi
    Mengenalnya walau sesaat, mendapat banyak hal
    Sebuah pelajaran arti kehidupan
    Sebuah pelajaran tentang keberanian
    Sebuah pelajaran tentang keikhlasan
    Sebuah pelajaran tentang indahnya berbagi
    Sebuah duka dan kehilangan yang dalam
    Sebuah dimensi yang ‘pasti’ dari kehidupan
    Sebuah kematian

    Selamat jalan Sie..
    Selamat memperoleh kebahagiaan yang hakiki
    Berada ditempat terbaik disisiNYA
    Sayang dan doa kami selalu bersamamu..

  58. Sastra berkata:

    Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un..
    Yah, semua postingan kita, dan seluruh amalan kita, akan kita pertanggungjawabkan. So, pilih mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang akan kita lakukan dan mana yang akan kita tinggalkan

  59. 1nd1r4 berkata:

    Ternyata komen pertama Sassie di blogku…jadi komen terakhir dia juga…semoga Sassie tenang di sisi Allah SWT. amiin

  60. wanti annurria berkata:

    Innalillahi wa inna illahi rojiun
    Semoga almarhumah sassie tenang disisi-Nya…

    baru saja qu mulai mengenal sassie,, namun takdir berkata lain…
    Subhanallah semangat hidupnya mengalir disetiap untaian kata yang ditulisnya, menggugah hati siapa saja yang membaca,,,

  61. Turut berduka dari depok mas…
    buat Sassie sahabat yang baru saja dikenal, namun lama untuk dikenang. Saya yakin sahabat-sahabat disini juga mempunyai persasaan kehilangan yang sama.

    Semoga almarhumah tenang disana , diampuni dosa-dosanya, dan dilapangkan kuburnya serta dijauhi dari siksa api neraka oleh-Nya,, amin ya rabbal’alamin

    mas achoey salam kenal ya. salam persahabatan. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s