Hati-hati Berkendara!


Aku melihatnya. Sekitar 1 meter dari kakiku jaraknya. Gubrak, dan kulihat dua orang pelajar terkapar di samping motor yang dikendarainya. Aku terdiam  sejenak, lalu segera melakukan upaya yang memang selayaknya harus  dilakukan siapa pun, menolong mereka yang terkena musibah.

Peristiwa itu terjadi saat aku hendak menyebrang jalan seusai shalat jumat di masjid sekolah seberang Mie Janda. Dan nyaris saja motor itu menabrakku. Kulihat pelajar itu tidak mengalami cedera yang parah, hanya luka ringan dan mereka pun masih sanggup untuk berdiri. Mengamankan posisi diri, menepi ke tempat teduh.

Dibantu oleh sahabatku, aku mendorong motor itu ke tepi yang lebih aman, jalan raya itu hari ini cukup ramai memang. Mesin motor ini bocor, retak terbentur trotoar. Tidak hanya itu, beberapa bagian motor lainnya juga mengalami kerusakan. Tapi alhamdulillah, hanya motor, bukan pengendaranya. Begitulah seharusnya kita, masih senantiasa bersyukur, karena bisa saja Allah berjehendak lain.

Kulihat di TKP saat itu ramai, tapi sebagian dari  mereka hanya menonton saja. Bahkan beberapa karyawati yang sedang menikmati jajanan malah sempat-sempatnya iseng padaku, ah munkin ini cuma geerku aja. Selayaknya kita lebih cepat tanggap, untuk menolong yang membutuhkan. Semoga  aku bisa.

Yuk kita berhati-hati saat berkendara. Ingat, jangan biarkan yang menyayangi kita bersedih hatinya karena melihat kita terluka akibat lakalantas. Jadi inget edi caplang nih.

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Sepenggal Kisah dan tag , , , . Tandai permalink.

38 Balasan ke Hati-hati Berkendara!

  1. Hary4n4 berkata:

    Kurang hati2 sering bikin kita celaka ya mas. Saya suka tulisannya, ringan tapi selalu punya banyak makna dan petuah. Terutama tentang rasa kepedulian terhadap sesama. Makasih mas, aku banyak belajar dari sini. Salam.

  2. Muzda berkata:

    Kalau buat aku mungkin, hati-hati kalo jalan 🙂
    karena banyak yang bilang aku gak liat jalan kalo lagi jalan,, hahaa…

    Tapi memang ada 3 macam tipe saksi setiap kecelakaan :
    1. Saksi yang menolong
    2. Saksi yang menonton
    3. Saksi yang mengkhawatirkan kendaraannya sendiri, kena tabrak atau nggak..

  3. radesya berkata:

    Dalam berkendara memang harus hati-hati kak, apalagi dalam posisi jalan lagi ramai, kalau bisa selalu gunakan helm standar yang kualitasnya bagus kalau perlu yang full face, karena kalau terjadi sesuatu bisa melindungi kepala kita dengan baik..
    Btw kakak juga harus hati-hati ya..

  4. geulist133 berkata:

    hati hati ya A emang kadang kalo musim ujian suka banyak kecelakaan. sengaja kali biar gak ikut UN 😀 (canda lah)

  5. dieyna berkata:

    ah bahaya!!bawa ke insani kang!!

  6. edy berkata:

    yuk mari aman berkendara 😀
    salut buat reaksi cepatnya, kang

  7. .lala berkata:

    “Bahkan beberapa karyawati yang sedang menikmati jajanan malah sempat-sempatnya iseng padaku, ah munkin ini cuma geerku aja. ”

    =))

    penting yah?!…

  8. Anita Dahlan berkata:

    Aslmlkm…
    hampir cama yg aq liat kemaren shabiz plg magang saat melintasi jalanan itu mungkin ini lebih tragis a…gak jauh dari bale Gazeebu terkapar jaZZ silver yg begtu parah, yg disebabkan melaju dgn kecepatan tinggi..amat sangat menyedihkan melihat sang isi didalamnya yg ASAp DI BAWA cama ambulance..aq hanya bica berdoa semoga c pengendaranya tidak akan mengalami kemungkinan terpahit yg akan terjadi..Amieen….hanya itu yang bisa aq lakukan,,,,,,

    say no to NGeBut dchhhhhh

  9. dafhy berkata:

    hati-hati kang
    saya heran dengan kejadian kecelakaan di kota saya, mereka yang melihat kecelakaan gak mau nolong sebelum polisi datang karena taku tdi jadikan saksi

  10. alfaqir09 berkata:

    Makanya cpt nikah kang.eh g nyambung ya

  11. an9el berkata:

    yupz…selalu berhati2

    dan jgn lupa sambil berdoa 🙂

  12. suwung berkata:

    wah ajakan yang baik nih

  13. kucingkeren berkata:

    kang… kok sempet2nya lagi nolongin orang, merhatiin karyawati itu…memangnya knp si karyawati itu, sp kang achoey GR? hehehe…

  14. Asman berkata:

    Kita sesama manusia kan emang harus saling nolong,.. ya kan kang achoey?

    http://4raptor.wordpress.com
    http://asmanadi.blogspot.com

  15. ArtaSastra berkata:

    Wew..
    Ati2 semua y kk.. 😉

  16. Andioka berkata:

    kadangkala kita yang hati3, ehhh lawan yang teledor , ya memang jadi kita semua yang harus hati3 mas.

  17. sangjaka berkata:

    Jaga konsentrasi
    Jangan ngebut
    Tetap waspada
    Cintai diri kita 🙂

  18. utie berkata:

    yg jls sebagai sesama supir angkot dilarang saling mendahului om 🙂 biar aman-aman ajah jln na 🙂

  19. genial berkata:

    hmmm… masih ada ternyata yang berjiwa besar walau hampir ge’er spt akang 🙂 hiihiihihi… untungnya patah kaki saya udah lama kejadiannya, jd gk terlalu teringat2 terus klu ada cerita2 serupa 🙂

  20. insanmuhamadi berkata:

    baru berkunjung nih kang
    salam kenal dari sayah..

    tips berkendara yang aman adalah:
    inget diri n keluarga yg nunggu di rumah
    hehe

    blognya saya link yah!!

  21. vaepink berkata:

    iya a’ harus lebih berhati-hati apalagi klo berkendara sepeda motor…

  22. roy berkata:

    Yupz……Setuju……..

  23. Basyarah berkata:

    Nyetir motor itu banyak yang bolak-belok manuver-manuver yang mengagetkan yang lain. Aku sih engga 😀

  24. geRrilyawan berkata:

    hati-hati dan beretika di jalanan ya kang…
    mau yang naik motor, mobil, atau jalan kaki…

  25. kawanlama95 berkata:

    Tips berkendara

    1. meduga yang tidak terduga.
    2. pemetaan jalan Maksute, kalau tiap hari jalannya sama dengan yang kita lewati tiap hari. kita harus tandai jalan itu di pikiran.
    3. Memahami karakteristik pengendara di samping, di depan, di belakang.
    lha gimana caranya. ya liat aja dari spion kalau yang di belakang dia kecepatanya, tehnik mengendarainya, serta apakah dia anak muda, ortu, kakek kakek apa yang lain ya.
    4. wah sulit juga ternyata nulisnya ya.udah kalo mau tau, gue bonceng deh nanti.

    padahal gue juga pernah kecelakan di Bandung

  26. kezedot berkata:

    sayangnya blue kagak bisa berkendaraan malam malam sih…kalau bisa blue akan datang malam ini ke ruamah abang

    salam hangat dalam dua musimnya blue

    met berakhir pekan ya

  27. yoan berkata:

    setujuh, om…
    apalagi buat orangorang yang rentan mengalami kecelakaan (baca: saya)…

    kadangkadang suka ngerasa jalan punyanya sendiri sih… :mrgreen:

  28. mia berkata:

    duh, gak ada yg mo bantu???

    apa makin kesini, nurani lebih sekadar basa basi ya?

  29. senoaji berkata:

    jangan sampe deh konyol gara-gara kecelakaan dijalanan hmmm

    ati2 semua

  30. casual cutie berkata:

    wew kok mereka diam aja sih??? wah untung ga napa2 ya mereka

  31. hanif berkata:

    Aku juga pernah merasakan kecelakaan, sampe sendi tulang dengkulku geser. So sekarang aku jadi lebih hati2 saat mengendarai motor.

  32. Yap … Aksi Cepat Tanggap … menolong melakukan kewajiban … indahnya

  33. Rindu berkata:

    “hati hati dijalan ya mas … ” itu kalimat yang tak pernah lelah saya ucapkan ketika dia pamit untuk pulang dengan motor nya 🙂

  34. senny berkata:

    jangan lupa pake seat belt di atas motor dan pake helm di dlm mobil

    lho??

  35. 1nd1r4 berkata:

    alon2 asal kelakon kata orang JAwa, pelan2 asal selamat sampai tujuan 🙂

  36. wi3nd berkata:

    YuPz.. be carefull tidak hanya pD saat men9endarai sepeda motor or others tapi pada setiap hal..

    alhamdulilah A se9eRa menolon9nya.. 😉

  37. mirma yudha berkata:

    setujuuuuuuuuuuuu… ^^

  38. ria manies berkata:

    angan biarkan yang menyayangi kita bersedih hatinya karena melihat kita terluka akibat lakalantas==> berarti demi orang yang kita kasihi sajahhh 😉 hem hem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s