Bijak untuk Menjadi Kaya


Sahabat, dalam kehidupan yang teramat singkat ini seringkali kita terlena. Terjebak dalam kefatamorganaan keindahan, yang ditawarkan dunia begitu rupa. Lantas demi menyenangkan diri, kita berusaha mengumpulkan begitu banyak materi dengan berbagai cara. Dan akhirnya, kita hidup di dunia ini pun terlupa, bahwa sesungguhnya bukan hanya itu yang kita butuhkan untuk mencapai kebahagiaan yang sebenarnya.

Tapi, ada pula yang tenang dalam keterbatasan keadaan. Berdalih tawakal atas apa yang Tuhan limpahkan, lantas mereka pun terlelap dalam kemalasan. Bagi mereka mengejar harta teramat hina, tetapi mereka tetap meminta jatah pada yang punya. Betah dalam kefakiran, karena malas untuk bangkit berikhtiar menuju gerbang kesuksesan.

Setiap kita haruslah kaya akan harta. Tetapi kekayaan yang kita dapatkan bukan dengan cara yang hina.ย Melainkan diraih dengan cara-cara yang halal dan Tuhan ridhoi. Misalkan dengan berdagang, bukankah Allah menghalalkan perdagangan dan mengharamkan riba. Dan Allah pula lah yang membuka pintu rejekinya paling banyak lewat muamalah ini.

Setiap kita haruslah kaya akan harta. Tapi kekayaanย ini agar kita menjadi pemberi, bukan menjadi penerima. Dengan kekayaan yang kita miliki, kita bisa berbagi danย menyantuni. Bukankah tangan yang di atas itu lebih baik dari pada tangan yang ada di bawah. Jadilah orang kaya yang dermawan. Semoga kita mampu mencapainya. Amin!

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Wirausaha dan tag , , , , . Tandai permalink.

91 Balasan ke Bijak untuk Menjadi Kaya

  1. adit-nya niez berkata:

    Huhu… Saya takut kaya, tapi takut juga misin. Mudah2an Allah berikan yg terbaik sambil diiringi dengan usaha…

  2. Wempi berkata:

    jadi ingat di kampung wempi ada seorang anak buta membawa gerobak ibunya yang lumpuh menjajakan sapu lidi berjalan sekitar 50KM setiap hari (mereka pernah masuk dalam acara kick andy)

    mengemis bukanlah ikhtiar. ๐Ÿ˜€

  3. senoaji berkata:

    inginberoleh harta melimpah itu wajar dan hukum alam sering bergosip tentang hal itu, cuman prlu ditelaah juga bahwa rejeki yang dihambur2kan oleh Allah itu ada batasannya. Dan bagaimana kita bersikap bijak untuk menyikapi kekayaan yang kita peroleh.

  4. olvy berkata:

    ya bro, sama kayak nasehatnya Aa Gym yang bilang kalo kita memang harus kaya supaya bisa membantu sesama…
    oh indahnya berbagi tapi yang jelas, mau jadi kaya atau miskin yang penting tetep inget ma Tuhan ๐Ÿ™‚

  5. emma berkata:

    aku se-7 dengan ulasan mu choey..
    mari kita truss berusaha untuk menjadi kaya.. selalu dalam ridho ILLAHI..dan tak larut pada fatamorgana..

  6. Edi Psw berkata:

    Agar bisa memberi, kita harus beranggapan kita ini kaya. Walaupun sebenarnya harta masih seadanya.

  7. hellgalicious berkata:

    wiiiihh..

    emang lebi baek memberi daripada meminta minta…
    gw salut ama dirimu bro,,,

  8. yusdi berkata:

    wah sungguh bijak si akang satu ini

  9. jika yang kita beri adalah kebaikan, pasti kebaikanlah yang akan berpihak pada kita ๐Ÿ™‚

  10. Method Panda berkata:

    \hua…siapa juga yang ga mo kaya
    tapi saya lebih utamakan kaya hati dulu deh hehe….

    Salam Semangat Sahabat!

  11. Alexhappy berkata:

    yup…setuju kang…setuju banget…….dgn kekayaan itu kita bisa membantu orang lain yg kesusahan……menyekolahkan anak2 kurang mampu….dan membantu dakwah…..

  12. gbaiquni berkata:

    jika ada pilihan untuk menjadi kaya terlebih dahulu atau menjadi dermawan terlebih dahulu…

    seyogyanya kita memilih menjadi dermawan terlebih dahulu… ๐Ÿ™‚

    Setiap kita haruslah kaya akan harta. Tetapi kekayaan yang kita dapatkan bukan dengan cara yang hina. Melainkan diraih dengan cara-cara yang halal dan Tuhan ridhoi. Misalkan dengan berdagang, bukankah Allah menghalalkan perdagangan dan mengharamkan riba. Dan Allah pula lah yang membuka pintu rejekinya paling banyak lewat muamalah ini.

    >>> setuju banget…

    -gbaiq-
    [senyum] ๐Ÿ™‚
    === === ===

  13. INDAH REPHI berkata:

    sebenarnya saya ga pengen kaya mas.. saya cuman pengen hidup makmur, bahagia sentosa :mrgreen:

  14. ajeng berkata:

    Agree… Kita memang harus ‘kaya’, karena selain kemiskinan dekat dg kekufuran dg kaya peluang ibadah akan makin terbuka. Walo harta tetap saja bukan segalanya. Salut… ๐Ÿ™‚

  15. FaNZ berkata:

    kaya hati dan kaya harta yah kang
    i hope ๐Ÿ˜€

  16. Jafar Soddik berkata:

    Menjadi kaya secara materi mestinya bukan menjadi tujuan hidup tapi merupakan ladang bagi kita untuk menuju akhirat. Harta memang membuat manusia mabuk dan lalai dan itulah yang banyak terjadi. Untuk itu bagi ‘beberapa orang’ lebih memilih untuk meninggalkan kemegahan dunia dan khusyuk untuk meraih akhirat.

    Diriwayatkan oleh Abdullah bin Masโ€™ud r.a. bahwa Rasulullah saw telah bersabda:

    โ€œOrang miskin itu bukanlah dia yang berkeliling ke sana kemari dengan harapan diberi orang sesuap dua suap, sebutir atau dua butir kurma. โ€œ Seseorang bertanya, โ€œKalau begitu, siapakah orang miskin itu wahai Rasulullah?โ€ Nabi saw menjawab, โ€œDia adalah orang yang tidak menemukan kepuasan atas kekayaannya, dan malu minta manusia, tidak pula orang banyak mengetahui hal ihwal mereka hingga mereka bisa diberi sedekah.โ€ (H.r. Ahmad).

  17. kucingkeren berkata:

    rejeki halal itu berkah katanya..bermanfaat untuk si pemiliknya… amiin

  18. life choice berkata:

    amien! ๐Ÿ™‚

    postingan ya bagus mas.. insyaAllah bermanfaat untuk semua yang baca ya.. ๐Ÿ™‚

  19. wawan berkata:

    aq setuju cuy..

    moga postingannya berguna buat saya dan orang lain.

  20. tandud berkata:

    mausih kaya,,

    Tapi takut kalo kaya jadi lupa ama tuhann,,,,

    Jadi gmana yah??

    Maen yahh k blog tandud,,,

  21. Rafki RS berkata:

    Intinya adalah keseimbangan. Benar bukan Kang?

  22. bluethunderheart berkata:

    Amien.
    salam hangat selalu

  23. Bujang Lahat berkata:

    Hartanya bersumber dari jalan yang halal… walau itu cuma sedikit ๐Ÿ™‚

  24. Nin berkata:

    Sesuai judulnya…
    Bijak sekali Kang..
    Kita harus berusaha untuk kaya..
    Supaya bisa beli rumah yang nyaman, shg menyiapkan materi untuk dakwahnya juga nyaman
    Supaya bisa beli kendaraan yang pantas, meski hujan panas tetap enjoy pergi berdakwah
    Supaya uangnya banyak bisa terus-terusan infaq…

  25. putrinegriangan berkata:

    benar2 bijak..

    karena kaya, membuat kita merasakan indahnya MEMBERI..

    salam..

    ^^

  26. Gusti Dana berkata:

    Terimakasih mas Achoey atas postingannya…,InsyaAllah bermanfaat:-)

    Maaf mas..,lama gak mampir kesini juga keblog sahabat yang lain karena pulsa saya habis.

    Salam hangat dan persahabatan selalu

  27. yellashakti berkata:

    keseimbangan adalah yang terbaik ๐Ÿ™‚

  28. bedh berkata:

    yup karya harta untuk sosial.
    nice post.

  29. wennyaulia berkata:

    jadi semangat kerja ni saya ๐Ÿ˜€

  30. kahfinyster berkata:

    hmm,,gue mw kaya ato miskin yah,,

    kalo kaya,gue takut ga bisa ngurus harta2,,

    kalo miskin,,gue takut ga bisa ngapa2in,,

  31. tuyi berkata:

    Jadilah orang yang berkecukupan, tidak hanya kaya…
    Karena terkadang orang kaya yang tidak tercukupi, maka dia menjadi rakus…
    Nice Posting Kang..
    Salam,

  32. annosmile berkata:

    jadi terinspirasi nih

  33. omiyan berkata:

    kalo kita kaya harta takut fitnah yang ada, apalagi ketika orang mengenal kita hanya berpenghasilan sebulan sekali dengan gaji yang udah terlihat tanpa penghasilan lainnya dan tiba-tiba kita bisa kebeli misalkan mobil…ini bisa dibayangkan beragam macam pendapat akan muncul

    kekayaan sesungguhnya adalah bagaimana kita memaksimalkan harta yang kita punya agar kita senantiasan merasa cukup….

    ya walau saya sendiri mengakui selalu merasa kurang tapi ketika kita lihat kebawah sesungguhnya kita beruntung

  34. siwi berkata:

    Andai ah ah ah aku jadi orang kaya.. ๐Ÿ˜›

    Semoga kita selalu diberi kemudahan selama hidup di dunia, diberi kekayaan hati, kekayaan pengalaman, kekayaan akal dan pikiran, serta kaya akan bijaksana. Amin ๐Ÿ™‚

  35. Yari NK berkata:

    Untuk menjadi kaya kita harus menempuh cara2 bijak agar harta yang kita raih adalah halal. Nah, jikalau kita sudah kaya, kitapun harus tetap menggunakan harta kita dengan cara yang bijak dan insya Allah kita akan menjadi orang yang bijak. Karena orang kaya yang bijak bukan saja dia kaya harta, tetapi juga kaya nurani dan insya Allah kaya pahala…. ๐Ÿ™‚

  36. yiyi berkata:

    amienn..

    idealnya seeh KaYa haTi & kaYa harta..:)
    >>kaYa hati a9ar selalu ikhlas,sabar,bijak.bersyukur pd san9 PENCIPTA,dan hal2 lainya..
    >> kaya harta,a9aR bisa berba9i kepada sesama..;)

  37. hoihei berkata:

    kaya iman udah cukup insya allah… ๐Ÿ˜›

  38. afwan auliyar berkata:

    selalu santun dalam menuangkan ide, dan sarat akan makna di setiap tulisan, itulah kang achoey sang bijak ๐Ÿ™‚

  39. uki21 berkata:

    hanya mampir karna aku bermimpi tentang sesuatu yang besar.. dan kau wujudkan mimpi itu…

  40. pengendara berkata:

    saya kaya komen,
    .
    ini saya kasih,
    .
    terima yaahh

  41. yanti/ maaini berkata:

    Alhamdulillah… saling mengingatkan… Karena kemilau dunia begitu memikat.. sangat mudah membuat orang terlena dan terlupa. Jazakallahu

    Oya.. alamat saya sudah pindah ke cahayamuslimah.com. Kalau sempat mampir ya…. Jazakallahu

  42. Menik berkata:

    ingin menjadi kaya agar bisa berbagi lebih banyak dengan mereka yg membutuhkan ๐Ÿ™‚

  43. PETIR ANGKASA berkata:

    Semua yang sudah kita raih…dan yang sedng kita raih…hanyalah Titipan-NYA jadi…kita harus tetap ingat hal itu ๐Ÿ™‚

  44. azaxs berkata:

    Tidak hanya kebijakan dalam hal kekayaan… lebih daripada itu disini saya menemukan banyak kebijakan.. ๐Ÿ™‚

  45. Rindu berkata:

    Saya mau kaya pahala, untuk bekal saya pulang nanti …

  46. dieyna berkata:

    ayo kita jadi kaya!!

  47. bluethunderheart berkata:

    salam hangat selalu,sobat.
    blue datang di bulan penuh cinta

  48. Lala berkata:

    setujuuu banget ๐Ÿ™‚

  49. Pencerah berkata:

    intimuya adalah usaha dan doa

  50. bocahbancar berkata:

    Nah itulah Maz gunanya rambu rambu dari agama..

    Menjadi kaya di dunia adalah impian setiap orang, namun sangat sedikit sekali yang mendambakan kekayaan di akhirat..

    Semoga hanya dengan kekayaan di dunia itu, tingkah laku kita menjadi baik dan dapat menjadi penolong bagi masyarakat yang membutuhkan dan ini bisa mengingatkan kita akan bekal kekayaan untuk di akhirat..

    Salam Bocahbancar is come back again…(^_^)

  51. Ririn berkata:

    Sepakat…!! pernah sy baca bahwa “Muslim itu hrs kaya, spy bs meraih pahala dgn hartanya”.

  52. okta sihotang berkata:

    mana lebih baik, mejadi orang bijak atau menjadi orang pintar ??

  53. ahsinmuslim berkata:

    di balik harta yang melimpah di saku kita. ada hak anak yatim dan fakir miskin di dalamnya.
    jadi, yuk berbagi!

  54. edratna berkata:

    Kaya dan bijak…itu ramuan yang tepat…..

  55. Putri berkata:

    Seperti..
    ketika tangan kiri tidak tahu apa yang diperbuat oleh tangan kanan..
    begitu bukan ?

  56. radesya berkata:

    Kakak, apa kabar?
    Iya kak, ku setuju kak, harta bukan segala-galanya dalam hidup kak..
    Nice post kak..

  57. rocknoida berkata:

    HARTA mah hal kesekian dalem idup cuy….

    cuma negor n ade post baru di blog ane

  58. ILYAS ASIA berkata:

    super
    semangat

  59. aminhers berkata:

    poastingan yg bijak sobat.
    “Dengan kekayaan yang kita miliki, kita bisa berbagi dan menyantuni”
    sukses slalu.

  60. Herman S.Y berkata:

    Postingan yang memberi arti. Tertegun saya membacanya… Salam kenal mas… ^_^

  61. mascayo berkata:

    kekayaan memperindah rumah tinggal.
    rumah tinggal untuk ibadah ya kang

  62. Rita berkata:

    Karena punya dana tuk berobat bila sakit sehingga penyakit bukan penghalang untuk beribadah, Punya pakaian yg bersih sehingga dapat membantu khusuknya ibadah, nyaman beribadah karena perut tidak dalam keadaan lapar.. Kakayaan dunia, bila pemanfaatannya benar dan amanah, dapat membantu menyempurnakan ibadah, meraih kakayaan akhirat

  63. galih berkata:

    kalo bisnis online itu halal nggak ya..
    hehehehehhe

  64. carra berkata:

    hmmm kaenya tergantung dari kacamata mana kita memandang kekayaan kan kang…???

    aku kaya kang… karena udah dianugerahi si kecil dan Tuhan udah kasi jalan buatku untuk bisa mengurusnya dengan baik…

    ^_^ huhuuu… soso bijak kali ini carra… hehehe…

  65. ontohod berkata:

    setiap berkunjung kesini selalu teduh ternyata… haturnuhun

  66. Parvati berkata:

    Alhamdulillah semoga qta termasuk orang yang kaya harta dan kaya hati.

  67. "DIAJENG" berkata:

    Kaya akan ilmu dan bs mengamalkanya..itu kaya yg bijaksana

  68. ayaelectro berkata:

    kaya hati dan kaya akan ibadah, membuka pintu untuk kaya akan harta

  69. iwan berkata:

    sebenarnya mas aq pengen kaya..tapi aq juga takut trus aq miskin juga takut…………
    survivors celebrate valentine day ….

  70. bluethunderheart berkata:

    blue datang di bulan penuh cinta
    salam hangat selalu

  71. hasna berkata:

    Wah, ternyata blog nya rame:).

    Semakin kita kaya semakin kita bisa banyak bersedekah dalam bentuk materi.
    Semangat jadi orang kaya itu impian setiap orang, tapi sayangnya mereka lupa diri setelah mencapai titik itu.
    Semoga kita selalu diingatkan oleh Nya:)

    *saya link blog nya ya

  72. hamka berkata:

    tetap berikhtiar walaupun dalam keadaan apapun

  73. vaepink berkata:

    iya kang, InsyaAllah (amin)

    kang topiknya hampir mirip sama punyaku… ๐Ÿ˜€
    di Kenapa Orang Islam Harus Kaya… ๐Ÿ™‚

  74. ubadbmarko berkata:

    Ya Allah turunkanlah rizki yang melimpah serta barokah untuk bekal kami beribadah.

  75. '' DIAJENG'' berkata:

    berkunjung aaaah…:)

  76. latree berkata:

    terima kasih sudah diingatkan…

  77. zoel berkata:

    menjadi tua itu pasti… menjadi bijak itu keharusan ๐Ÿ˜€

  78. 1nd1r4 berkata:

    kaya harta dan kaya hati, pasangan yg sempurna kan kang ๐Ÿ™‚

  79. '' DIAJENG'' berkata:

    Lunch yuuuuuuuuuk….;)

  80. septarius berkata:

    guys…ikutan 3rd IBSN Blog award yuk..

    akhir pandaftaran artikel 25 Maret ’09 jam 23.59 wib..

    IBSN = Berbagi Tak Pernah Rugi ^_^

    http://ibsn.web.id/3rd-ibsn-blog-award

  81. Edi Psw berkata:

    Menunggu update-annya nih.

  82. Bener banget Mas.. “Setiap kita haruslah kaya akan harta. Tapi kekayaan ini agar kita menjadi pemberi, bukan menjadi penerima. Dengan kekayaan yang kita miliki, kita bisa berbagi dan menyantuni. Bukankah tangan yang di atas itu lebih baik dari pada tangan yang ada di bawah. Jadilah orang kaya yang dermawan. Semoga kita mampu mencapainya. Amin!”
    aku suka kata2 itu..

  83. [H] berkata:

    amiiin!!

    kadang untuk jadi dermawan dibutuhkan sedikit ‘paksaan’ ya kang,,hee,,

  84. Semua Untukmu berkata:

    Cita2 saya : Jadi orang kaya yang dermawan.
    Doain ya…! ๐Ÿ˜€

  85. Bahtiar Baihaqi berkata:

    Wah aq tersindir nih ma kang achoy. Keknya aq masih jadi pemalas yang terus ingin kaya, tp gak kaya2. Kerjaku cuma berharap dan berdoa trus ma Tuhan tuk mengabulkannya. Juga mo minta kerjaan nih ma kang achoy.
    Eh, makasih ya, mi-janda-nya enak.

  86. DIAJENG berkata:

    jumataaaan ๐Ÿ™‚

  87. diaajeng berkata:

    kok ndak pernah mampir…..

  88. Buddy berkata:

    Kita sebagai manusia mesti menyadari bahwa tujuan hidup sebenarnya untuk menyiapkan bekal akhirat. Kekayaan merupakan sarana kita untuk mencapai tujuan hidup yang hakiki itu…., jadi bijaklah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s