Cinta adalah Anugerah


Seringkali kita takut untuk berbicara masalah cinta terhadap lawan jenis, karena kita terlanjur menilai cinta itu jelek. Pandangan kita terhadap cinta menjadi sedemikian buruk, itu karena kita seringkali menjadikan pasangan muda-mudi yang bebas melakukan hubungan jalinan kasih-sayang dengan bentuk yang melanggar syar’I, sebagai contoh implementasi dari apa yang disebut cinta. Padahal sebenarnya yang seperti itu bukanlah upaya merajut jalinan cinta melainkan sedang merajut nafsu syahwat beratasnamakan cinta. Dan lihat saja bagiamana akhirnya.

Coba baca artikel yang berjudul “Cinta, Rindu dan Cemburu” yang dikutip dari kitab Ushulul Mu’asyarotil Zaujiyah yang ditulis oleh Al-Qodhi Asy-Syaikh Muhammad Ahmad Kan’an. Dari sana kita bisa lebih bijak mendefinisikan cinta dari sudut pandang yang sebenarnya.

Lalu ketika kita beranjak dewasa dan mulai berpikir untuk menjalin ikatan suci berupa pernikahan, kenapa kita masih berusaha untuk membatasi hati agar tidak cenderung atau tertarik pada satu sosok lawan jenis. Padahal sebagai manusia normal sudah menjadi fitrah jika kita akan tertarik pada lawan jenis. Kecendrungan hati untuk tertarik pada seseorang akan muncul hanya tinggal bagaimana kita menyikapinya. Bagaimana kita berhati-hati dalam memelihara cinta ini yang kan kita tumpahkan kelak ketika kita telah menikah dengan seseorang yang telah membuat hati kita cenderung kepadanya.

Jika kita telah merasaka kecendrungan hati terhadap seseorang dan kita telah yakin bahwa kecendrungan hati kita juga karena pertimbangan kebaikan agama orang tersebut, maka segeralah menikah. Ini adalah upaya agar kita tidak terjebak pada perasaan cinta yang menjebak, cinta yang buta, cinta yang melenakan, merapuhkan dan bahkan menyesatkan sehingga kita mengotori kemurniannya.

Ah ini hanya menjawab pertanyaan lima orang sahabatku saat kajian tadi malam. Bahwa insyaallah seseorang itu kan segera menyusul kesuksesan yang telah kalian lakukan.

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , , , , . Tandai permalink.

46 Balasan ke Cinta adalah Anugerah

  1. edy berkata:

    tapi kadang apa yg kita yakini akan cinta masih bisa salah juga, kang

  2. Joddie berkata:

    Yup.. aku setuju kalo cinta adalah universal.. tidak cuman sesempit nafsu (atau apalah..) ..malah sebaliknya kayaknya nggak ada gubungannya sama sekali dengan sex

  3. uki21 berkata:

    ya kedua… di kira dapet pertamax

  4. uki21 berkata:

    Terkadang kita belum bisa ikhlas untuk menjadikan Alloh cinta kita satu2nya, sehingga kita mngabaikan apa yang Alloh perintahkan dalam mencari pasangan melalui Rasul-Nya.
    Ketertarikan itu memang di perlukan, tapi kita harus juga paham bahwa kecantikan ini pasti bercacat, dan Cinta ini MIlik Alloh…

  5. ahsinmuslim berkata:

    setuju mas, cinta adalah anugrah. dan bukanlah tanpa cinta, kita terlahir di dunia ini. Allah ciptakan nabi adam dan hawa atas dasar cinta. dan tentu saja, MAhabbatullah adalah cinta tertinggi dari setiap cinta yang ada.
    semoga kita mampu merengkuhnya. AMin

  6. bujanglahat berkata:

    Kita terlahir kedunia karena adanya cinta, cinta kedua orang tua… cinta orang tua itu yang membesarkan kita hingga sekarang ini, dan kita nanti bakal menjadi seperti mereka memulai cinta dari awal, begitupun seterusnya dengan generasi penerus kita..

  7. cinta bukan cuman anugrah, tapi juga sebuah perjuangan..
    cinta adalah hidup, dan harus dihidupi

    cinta adalah sebuah hasrat, namun seringkali menjadi mimpi
    cinta adalah tujuan, tekad yang membara dan seringkali menuai nyawa

    cinta adalah sepi, seperti waktu yang terus berlalu tanpa henti
    cinta adalah diri ini, menjalani hidup yang terus berjalan

    *sett,, kalo udah soal cinta, gue bisa puitis banget yak? huahahahaha.. .:D

  8. galih berkata:

    anugerah terindah yang pernah ku miliki…
    kayak judul lagu aja yahhhh

  9. iwan berkata:

    kalau menurut aq cinta itu menyakitkan dikala kita tersakiti…
    cinta itu menyenangkan dikala kita lagi jatuh cinta…………..
    artinya tergantung dari diri individunya….

  10. dieyna berkata:

    Cinta.. itu agung cinta itu suci

  11. Semua Untukmu berkata:

    Cinta semakin terasa setelah menikah…

  12. bluethunderheart berkata:

    selamat akhir pekannya kang and your postingan is the best. Blue like banget.
    salam hangat selalu

  13. Hejis berkata:

    Cintailah dengan jiwa, nanti tubuh akan mengikuti.

  14. bocahbancar berkata:

    Cinta ini memang fitrah Maz, hanya bagaimana cara mengarahkan cinta ini saja sehingga tidak menimbulkan doza berupa zina..
    Cinta yang mulia…

  15. semua pasti ada waktunya y…
    🙂
    menyenangkan sekali membangun sbeuha cinta dari 0 menjadi begtu brrti dan tak ternilai sampai hayat

  16. wennyaulia berkata:

    melihat dengan mata hati dan mata kepala…biar lebih objektif,,,

  17. Beautiful Season berkata:

    Berbahagialah karena kita masih punya cinta… menikah adalah salah satu bentuk ketundukan kita padaNya dan perwujudan ketulusan cinta kita pada pasangan. Jadi ? menikah atuh.. nanti nyesel lho !!

    Terima kasih untuk kunjungan ke blog ku..

  18. angga erlangga berkata:

    tapi diriku masih muda mas untuk menikah.. (ga’ nanya..) 😀

    salam kenal… 😉

  19. punk_els berkata:

    cinta emang anugerah yang paling indah yah

  20. latree berkata:

    kang achoey kapan nikah? 😀

  21. tya berkata:

    cinta memang anugerah terindah. tapi hati2. temukan ‘the power of love’ yang tempatnya sangat jauh (pangat sejuta!) dari lembah kegilaan

  22. siafa berkata:

    apapun cinta artinya ya tetap cinta bro..
    terserah kepala masing2 yang mengartikannya….
    bebas dong …hak asasi manusia….
    ———————————————————
    ———————————————————
    gw ga setuju….
    cinta ga menjebak…orangnya sendriri yang memasang prangkap..
    ya memangperakap itu indah..

    cinta itu tidak buta.. orangnya aja yang buta cinta.
    cinta tidak menyesatkan…. orangnya aja yang memang sesat..
    ————————————————————–
    ————————————————————–
    cinta jangan dijadikan kambing hitam…
    bukan anda sendiri kambingnya…mbe…mbe..mbe…
    hehehh 😛 P:)

  23. Odie berkata:

    kadang ane mikir cinta itu bulsh**t, tapi ane emang gak bisa ngelak dari barang ini… 😀

  24. jadul berkata:

    berjuanglah kawan. cinta emang harus di perjuangkan.

  25. uwiu berkata:

    bro ,romantis banget

  26. putrinegriangan berkata:

    ah.. cinta..

    *speechless*

  27. indahonly berkata:

    wah bahasan berat, sudah siap menikah?
    Saya kira jatuh cinta bukan suatu kesalahan, namun kemudian cara menyikapinya. Terkadang saya melihat saudara-saudara kita begitu menderita ketika jatuh cinta, padahal jatuh cinta adalah hal yang manusiawi, pun ia belum siap untuk menikah. Jadi jangan takut jatuh cinta, tapi takutlah pada dosa karena kita tidak mampu menyikapinya secara bijak.

    ^^ salam kenal achoey

  28. kahfinyster berkata:

    karena itu,,marilah saling mencintai,,

  29. Gusti Dana berkata:

    Kalau ngomongin soal cinta mungkin tidak akan habis,karena dari jaman ke jaman selalu sama.:-)

  30. dafhy berkata:

    cinta deritanya tiada akhir :mrgreen:

  31. ernalilis berkata:

    Bener sih.. ya sebaiknya menikah saja bila sudah ada cinta.. masalahnya lho sekarang anak2 SMP sudah kenal cinta.. trus apa ya mereka harus segera menikah?

    Binun..

  32. hanif berkata:

    Keren-keren. I like it. Kecantikan fisik akan luntur tapi kecantikan akhlak karena agama tak akan mudah luntur. Inilah modal awal membina rumah tangga. Benar ga? Kapan-kapan boleh pinjam kitab Ushulul Mu’asyarotil Zaujiyah yang ditulis oleh Al-Qodhi Asy-Syaikh Muhammad Ahmad Kan’an? *Ah kamu cumanya bisa minjam Bud?”

  33. radesya berkata:

    Cinta kak? Memang banyak definisi cinta ya kak, kita tak bisa menghindarinya kan?
    Keagungan sebuah kata dapat disiratkan oleh syair para pujangga, tapi tak bisa digambarkan oleh bahasa dunia, ungkapan hanyalah not-not dari cinta.., yah, begitulah cinta kak, terindah dari yg indah tercantik diantara isi jagad raya.. Maaf (sok tau) padahal ku belom pernah kak.. 🙂

  34. Yuyun berkata:

    Cinta memang anugerah..
    walau terkadang para pecinta masih sering salah mengartikan hingga terjebak pada cinta buta, atau cinta yang menyesatkan itu..

  35. afwan auliyar berkata:

    kapan kang menyusulnya 🙂
    semoga mendapatkan cinta sejati 🙂

  36. wi3nd berkata:

    bicara cinta meman9 taK aDa habisnya..
    tapi cinta yan9 hakiki adalah cinTa pada san9 KHALIK..

    semo9a se9era menemukan san9 bidadarinya ya A..:)

  37. olvy berkata:

    jadi pengen banget ikutan cepet nikah
    amien

  38. 1nd1r4 berkata:

    Cinta memang anugrah, maka bersyukurlah atasnya 🙂

  39. mahardhika dewi berkata:

    cinta…???
    emmm cinta….!??
    emang ga pnah ada habisnya deh kalo dibahas…
    cinta.. cinta…cinta…kadang bikin bingung….
    cuma satu yang ika tau..cinta yg hakiki hanya milik-NYA. n_n

  40. vaepink berkata:

    Kita harus bisa menempatkan cinta pada tempat yang seharusnya… 🙂

    Semua akan datang pada waktunya kang disaat yang tepat dan diwaktu yang tepat pula atas ridho-Nya, InsyaAllah 🙂

    Tetap semangat ya kang…

  41. ang2ara berkata:

    kalo bahas masalah cinta, ga gabakal pernah ada habisnya, soalnya tiap detik kita merasaan yang namanya cinta. tapi klo saat ini saya bilang cinta mungkin terlalu cepat.

    =================================================
    =================================================
    cinta lautan tak bertepi
    langit hanya serpihan buih belaka
    ketahuilah langit berputar karena gelombang cinta
    andai tak ada cinta dunia membeku
    =================================================
    =================================================

  42. cut uzhie berkata:

    terkadang cinta membuat orang kehilangan keseimbangan,trgantung yang menjalaninya…namun ingatlah bahwa cinta yang hakiki adalah pada ILAHI

  43. fatimah rahmatullah berkata:

    lam knl yaw, hi.,.,.,.,.,.,. Mga sukses n crtax Tambah Bagus aja?!?!?!

  44. andri berkata:

    cinta dan cinta….

  45. yantisuyanti berkata:

    cinta adalah kebahgiaan yg tak ternilai,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s