Sang Jaka Mengungkap Maaf


“Tidakkah A berpikir bahwa banyak gadis di sana yang mungkin kecewa akan ulah A. Bayangkan A, buat perempuan tuh SMS tanya kabar, sudah makan atau belum, itu sudah cukup membuat mereka galau dan berharap. Dari saya kelas XII SMA sampai sekarang kuliah semester III A tuh masih saja seperti ini. Dengan alasan mencari A telah banyak menyakiti.”

Sang Jaka terdiam mendalam, kata-kata istri sahabatnya ini begitu mengena.

“Menurut saya, Aa tuh harus minta maaf sama mereka sebelum A memutuskan untuk menemukan, bukan mencari. Tahu gak A, Aa tuh tipe laki-laki yang mudah disukai perempuan. Jadi Aa tuh harus bijak dalam bersikap. Jangan biarkan bertambah hari maka bertambah pula yang berharap, lalu semakin bertambahlah yang tersakiti.”

Kata-kata nona yang baru saja menjadi nyonya ini benar-benar membuat Sang Jaka nyaris tak bisa bergerak. Bernafas pun sesak. Dia mencoba mengingat sederet nama dan berpuluh wajah indah yang mungkin telah tersakitinya. Kurun waktu 13 tahun “berpetualang” bukanlah waktu yang singkat. Berapa gadis yang tersipu malu saat dia nyatakan cinta monyetnya kala SMA. Berapa gadis yang menangis saat dia ucapkan kata putus ketika kuliah. Berapa gadis yang remuk hatinya saat dia memutuskan berpindah pelukan. Berpuluh adalah kepastian dan ini jelas bukanlah prestasi membanggakan.

“Sobat, untuk memulai hal yang suci alangkah indahnya kita bersuci. Jadi segeralah minta maaf kepada mereka yang tersakiti. Mulailah berjalan pada pijakan kebijakan. Mendekatlah pada Allah dan memohonlah dengan sunguh-sungguh. Gadis impianmu kan segera kau temukan, saat hatimu telah siap memuliakannya.”

Lelaki beruntung yang menikahi nyonya bijak tadi pun menimpali. Mencoba menyadarkan Sang Jaka sahabat terkasihnya. Kini keputusan ada di Sang Jaka, akankah dia meminta maaf pada wajah-wajah ayu yang termangu karena lama menunggu.

“Saya harus memulainya. Saya harus melakukannya.” Sang Jaka bergumam sembari mengepalkan tangannya.

“Buat jiwa-jiwa yang pernah terdekap, semuanya kini telah terungkap, bahwa aku tak lagi ada di sisi. Dan ini adalah yang terbaik. Kembalikan cinta hanya pada-Nya. Dan ikhlaskan yang ada. Salahku adalah keburukanku. Dan maafkan itu semua.”

“Buat semua yang pernah berharap dan tak pernah terjawab, sang jaka menghaturkan beribu maaf. Itu adalah kesalahanku yang tak bijak. Semoga semua kembali semula. Kita hanyalah sahabat saja.”

Besar harapan Sang Jaka permohonan ini sampai pada mereka. Besar harapan Sang Jaka permohonan ini terkabulkan mereka. Lalu Sang Jaka kembali bertapa, berharap tercerahkan dengan cepatnya.

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , , , , , . Tandai permalink.

45 Balasan ke Sang Jaka Mengungkap Maaf

  1. Menik berkata:

    Memberikan harapan sama saja memberikan angan2..
    cobalah untuk mulai belajar menentukan pilihan, bukan memilih-milih
    saya yakin kamu bisa 🙂
    samdey the angel will be come… tanpa perlu kau cari 🙂

    semangat Ai !

    ——————————————–
    Ya Bunda, doakan selalu Sang Jaka 🙂

  2. nengthree berkata:

    ikutan bunda menik ah… SEMANGAT!!! kamu bisa!!
    jadilah laki-laki yang “definif” 😆

    ———————————————-
    Makasih dik atas kebesaran jiwamu 🙂

  3. Wah, syukurlah ada yang bisa mengingatkan si Jaka untuk mensucikan diri 🙂

    —————————————————
    Ya, sepasang pengantin barulah yg telah menyadarkannya tadi malam 🙂

  4. retie berkata:

    Mmmm hebat mana ada laki-laki yang mau mengucapkan maaf seperti sang jaka 🙂
    Ini bukan fiksi khan??ini campuran juga dari kisah hidupmu khan?

    Semoga segera menemukan seorang Gadis yang begitu mengerti akan dirimu ya 😀

    ——————————————–
    Ehm, ketauan. Ini asli dan daku sedang memohon maaf pada semuanya. Karena sebagian dari mereka juga pasti baca blog ini.

    Makasih ya sobat!

  5. iman berkata:

    jadi ingat pilem nya tora yang judulnya “namaku dick” dimana dia harus meminta maaf pada mantan-mantannya

    niat yang baik pasti akan berakhir baik, salam hangat

    ——————————————-
    Yup sobat, kau tahu aku 🙂

  6. Rifyal berkata:

    salam kenal . . .Saya sangat suka dengan blog anda, link anda saya pakai ya buat blog saya, terima kasih, sungguh blog simple anda penuh dengan inpirasi . . thanks…

    ——————————————
    Ah sobat, berlebihan. Yup saya link juga 🙂

  7. siwi berkata:

    Semoga cepat keluar dari pertapaannya, dan mendapatkan pencerahan untuk memutuskan bidadari mana yang akan segera dipersuntingnya.
    Tetep semangat ya, A’. Wish all the best for u 🙂

    ———————————————
    Amin dik. Moga kali ini Sang Jaka benar2 serius membersihkan hatinya 🙂

  8. suwit2 berkata:

    Allah sudah menyediakan pendamping terbaik bagi kita.dan hamba yg taat pasti akan menjemputnya dengan cara yg sudah d tentukan Nya.

    ———————————————
    Zajakallah akhi, kau tahu keburukanku. Kau adalah sahabat yg baik yg senantiasa menasihatiku 🙂

  9. omiyan berkata:

    ada saatnya kita disisi kiri tapi ada saatnya pula kita disisi kanan
    terkadang hal kecilpun bisa menyadarkan akan perjalanan yang kita lalui
    ———————————————
    Beruntunglah bagi orang yang selalu mampu mengambil hikmah. Bukan begitu sobat? 🙂

  10. masmoemet berkata:

    duh jadi moemet 🙄
    —————————————
    Seperti namamu sobat 😀

  11. thevemo™ berkata:

    harapan suatu pengharapan

    kalo harapan itu kosong?
    —————————————–
    Wah yg ada harapan hampa sobat 😀

  12. tea! berkata:

    hmm…

    beruntunglah punya teman seperti “nyonya bijak” tersebut. Mengingatkan dan bukannya meninggalkan. Langka banget punya teman yang objektif yang bisa menilai suatu sikap dengan cara “melihat segalanya lebih dekat”

    saya yakin, sang Jaka tidak bermaksud untuk menyakiti. Pengalaman adalah pelajaran yang paliiiing berharga. Semangat!

    *saya ngomong apa, sih?*
    —————————————–
    Dik, makasih atas kebesaran jiwamu. Aku sahabatmu. Dan apa yang kau tulis ku pahami dengan baik 🙂
    Semangat!

  13. mirma yudha berkata:

    wuah.. ternyata..
    semangat kang!!!
    dah saatnya menentukan pilihan kang ^^
    ———————————————
    Makasih. Insyaallah. Mohon doanya sahabatku 🙂

  14. Gusti Dana berkata:

    Hari Ini…Grand Launching IFB:-)

    Salam Hangat Persahabatan Selalu,
    —————————————
    Salam Jabat erat sahabat.
    Yup moga sukses.
    Hidup IFB

  15. joeismail berkata:

    Salam kenal aja
    ——————
    Sama2 🙂

  16. AngelNdutz berkata:

    *baca komen Bunda*

    Bun, ini Angel-nyah uda dateng 😀
    ———————————–

    Tapi angelnya ndutz 😀

  17. Gelandangan berkata:

    wahhh banyak pilihan
    sungguh malang nasip gelandangan jangkan pengen milih atu aja enggak ada bro

    bagi2 dunk huhahahahahha

    ——————————————-
    Banyak pilihan bukan berarti lebih baik. Yang penting berkualitas kan? 😀

  18. Rita berkata:

    Jangan2 san jakanya ituuuuuu… eheeemmmm…..
    Tentukan pilihannya diem2 aja tanpa sepengetahuan siapapun dgn begitu gak kan ada yang kecewa hehe…. btw pa bisa seperti itu yak??? 😀

    —————————————
    Benar sahabatku. Itu aku, dan seharusnya memang aku menentukan tanpa banyak yang tahu 🙂

  19. ahsinmuslim berkata:

    hanyalah hati yang termuliakanlah, yang mampu begitu lapang menggerakkan hati untuk mengucap maaf kepada orang yang tersakiti. tak terbalut ego dan kesombongan.
    yang ada adalah pengharapan cinta dan ridho-Nya.

    semangat mas Achoey!!!!

    ——————————————–
    Sahabat, mohon doanya saja. Insyaallah, semoga tak lagi khilaf.

    Semangat!

  20. adams berkata:

    Alhamdulillah.. jadi pernikahannya kapan? dah diwajibkan nikah kan? 🙂

    —————————————–
    Seharusnya memang disegerakan. Karena terlalu banyak godaan 🙂

  21. senoaji berkata:

    maaf nih baru nih ikutan komen ya… pengambilan sikap yang jantan menurutku, dulu ada juga seorang teman yang punya kasus yang sama, n ada satu yang membuat dia menyesal, salah satu yang menurut dia korban ada di ausie, dan permintaan maafnya tidak kesampaian akhirny diakhir hayatnya maaf itu juga belum tiba jua

    tabiek
    senoaji

    —————————————–
    Sahabat, terima kasih atas ibroh atau kisahnya. 🙂

  22. theKRy berkata:

    Seneng saya mendengar kabar ini kang, hidup kang acuy, ditunggu undangannya. OK

    ———————————————
    Mohon doanya saja. Saya sedang mencerahkan hati dulu sebelum menentukan pilihan 🙂

  23. presty larasati berkata:

    hhhmm…

    mungkin karena sisa2 playboynya masih ada ya, akh..
    he he he
    *digebuk akh acuy

    gini akh, maap sebelumnya klo agak kasar..
    tapi, mungkin sih, sebaiknya akh acuy mulai belajar untuk lebih rendah hati. jangan terlalu bangga dengan kelebihan kita (apalagi klo kayak presty, kelebihan berat badan doang :mrgreen: ). ada baiknya bila kita lebih sering mengingat kekurangan kita…

    akh, piss yaa…
    ^_^

    ——————————————
    Adik, dikau juga tahu bahwa satu-satunya kekurangan A adalah tidak memiliki kelebihan 🙂

    Terima kasih ya adikku. Semangat!

  24. masfaj berkata:

    sungguh perkataan yang mulia “Maaf”

    ——————————————–
    Sobat, semoga kata2 saya tulus adanya 🙂

  25. mascayo berkata:

    yaa… Sang Jaka atau siapa saja lelaki di dunia ini, mesti pandai-pandai berucap dan janganlah banyak menebar harap.
    Semangat!
    ———————————————-
    Makasih sobat. Insyaallah saya dah lelah 🙂

    Semangat!

  26. casual cutie berkata:

    semangat tetap semangat….!!!

    ————————————-
    Yup, tetap semangat! 🙂

  27. amaliasolicha berkata:

    jd, kk sedang tidak khilaf lagi khan? :mrgreen: ,, keep on fighting, smoga Allah beri kemudahan.. amiin 🙂

    ————————————————-
    Dik, insyaallah. Terima kasih atas kebesaran jiwamu 🙂
    A semangat nih

  28. bocahbancar berkata:

    Wah wah seorang pemikir sejati yaw..

    pake bertapa he he he..

    Semangatz mAz..

    ——————————————–
    Yup, semangat 😀

  29. edratna berkata:

    Jadi, semua masih hanya seorang sahabat?

    ———————————————-
    Ya bu, lebih baik begitu saja dulu 🙂

  30. han han berkata:

    Sahabat cinta datang dengan sendirinya
    Ia akan hadir tuk membawa kedamaian
    Namun apakah kita mampu tuk membuyarkan kedamaian itu..?
    Hanya cinta sejati yang akan mampu mempertahankan kedamaian itu
    Sukses ya……

    —————————————————-
    Cinta pada Allahlah yang mendamaikan hati secara hakiki 🙂

  31. Menik berkata:

    @ Ndutz

    Ndutzzzzz… dimarahin ama om nazieb lhooooo 😆

  32. aQ percaya Tuhan pasti sdh mengatur segalanya..Insya Allah
    AMin..yg oenting ttp sabar dan ikhlas aja .. *sotoy mode on*

    ————————————————————-
    Insyaallah adikku, kau memang adik yang hebat 🙂

  33. yodama berkata:

    Senada dg teman sang jaka, pengkhususan adalah pemfokusan jaring pesona yg berbahaya.

    Barangkali, surat balasan dari permintaan maaf sang jaka, (akan) seperti ini… 🙂

    Akhi, kau jgn marah ya. Aq pun sdh memutuskan utk menyerahkan cintaku padaNYA, tdk pd selainNYA. Tp tak cuma aq, akhi. Kau pun bs mjd kekasihNYA, kekasih yg amat dicintai dan dimuliakan. Caranya satu, qt hrs jauhi semua larangan-laranganNYA t’masuk dlm soal hubungan qt ini. Insya Alloh, Dia punya rencana yg engkau selalu berusaha menjaga diri dari hal-hal yg dibenciNYA, kau pasti akan dipertemukan dg seorang wanita shalihah. Ya, wanita shalihah yg pasti jauh lebih baik dari diriku saat ini. Ia yg akan membantumu menjaga agamamu, agar hidupmu senantiasa dlm kerangka mencari ridha Alloh dlm ikatan pernikahan yg suci. Inilah do’aku utkmu, semoga kaupun mendo’akanku, akhi.

    Maaf akhi. Tak baik rasanya aq berlama-lama menulis surat ini. Aq takut ini merusak hati. Goresan pena terakhirku di surat in adalah do’a keselamatan dunia akhirat sekaligus tanda akhir dari hubungan haram kita, insya Alloh.

    ————————————————————
    Meski tak persis seperti surat di atas. Tapi banyak yang isinya hampir sama. Bahkan ada nasihat agar aku bisa memilih lebih bijak lagi.

    Sahabat, teramat bijak dirimu. Jabat erat sahabat ya akhi 🙂

  34. Sawali Tuhusetya berkata:

    sang jaka, hidup memang selalu dihadapkan pada pilihan. namun, memberikan harapan sama saja memberikan pilihan untuk bisa berharap dan berharap. hidup memang harus banyak belajar dari sekolah kehidupan yang sesungguhnya.

    ——————————————————-
    Yup Pak, dan belajar dari Anda adalah bagian dari pembelajaran kehidupan 🙂

  35. zoel berkata:

    saya juga lagi bertapa kang… hehehe

    —————————————-
    Ah Zoel mah suka latah 😀

  36. Bagus makna kandungannya. Selamat.

    ——————————————-
    Makasih Pak, saya belajar menulis dari Bapak 🙂

  37. riez1929 berkata:

    huebattt..euyyy jadi pengen kang…salam kenal

    ————————————————
    Salam kenal juga. Pengen apa sobat? 🙂

  38. ichanx berkata:

    heh! bertapa itu gak boleh!!!!! harusnya berdoa aja…. *tidak menyelami makna cerita sesungguhnya* hihihi… sukses bro!

    ————————————————-
    Ah bukannya kita pernah bertapa bersama di pedalaman Kalimantan memburu wahyu penerbitan Kitab “Bankir Sesat” sobat 😀

  39. bujanglahat berkata:

    Met pagi sobat…

    jadi mau ikutan bertapah juga ni gue 🙂
    semoga sukses selalu ya fren 🙂

    ————————————–
    Pagi juga. Makasih ya. Bertapa nya jangan deket2 ah 😀

  40. okta sihotang berkata:

    kang, bahasamu tinggi bgt utk aku bisa pahami..
    *maklum ga tw apa2 aku 🙂

    ————————————————
    Ah Okta, bahasanya ga ada kata tingginya kok 😀

  41. emma berkata:

    kemana saja kau selama ini? tak menyadari kalau pesona mu meluluh lantakan banyak hatii..?

    thank’s God..kau sudah tersadar & cepatlah menentukan pilihan..

    aku ikut berdoa yg terbaik bagimu..

    —————————————————————
    Bunda, terima kasih untuk doamu. Selama ini justru saya larut dalam kenistaan hati. Semoga sadar diri ini tetap terpatri 🙂

  42. Yuyun berkata:

    setelah minta maaf, ngga akan ngasih2 harepan lagi kan.. 🙂
    hehe…

    semoga segera dipertemukan dengan jodohnya ya kang.. amiin

  43. wi3nd berkata:

    hmmm…fase yan9 dilalui a’ berliku ju9a ya..?
    semo9a sajah para 9adis2 ituh membaca tulisan a..& mau memaafkannya..

    doch kok pake bertapa seeh a’?

    semo9a reinkarnasi achoey nantina lebih baik& mendapatkan yan9 terbaik tak hanya baik menurutmu tapi terbaik menurutNYA,amien..

  44. siafa berkata:

    *****kawan – kawan. kau takana bisa meninggalkan semu.
    karena semua yang ada di fana itu semu.
    semua yang kau kenal juga semu..
    semua itu semu karena sebelum dipegang semua semu memang tak nyata dan hanya menebak – tebak.
    jadi pilihlah diantar yang semu itu agar nyata adanya.

    kita lahir diamam semua semu, mau tinggalkan semu?????????
    anda juga harus tingalkan fana, ……emang mau?????

    SIAFAFUN fasti …..bla ..bla…bla….

  45. Nisa berkata:

    semangat! :mrgreen:

    semoga lekas sembuh 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s