Karena Sikap Kita Bernilai


Hidup adalah rangkaian masalah dan karena masalah itu setiap kita akan bersikap. Sikap kita tentunya berbeda-beda. Ada yang seperti ranting, saat terkena benturan mudah patah. Ada yang seperti baja, jika terus ditekan akhirnya melengkung jua. Ada yang seperti kapas, ketika tertiup angin dia kan melayang dan kembali mendarat dengan selamat. Ada yang seperti bola pingpong, yang ketika dilemparkan maka akan memantul dengan hebatnya.
Aku pernah berkata pada tiga orang mahasiswa UI yang berkonsultasi. Ketika mereka membahas tentang tekanan yang dilakukan dosennya, kukatakan pada mereka agar mereka jangan berburuk sangka.

Yakinlah bahwa ini untuk kebaikan kalian. Posisikan kalian sebagai bola yang terapung di rata-rata air. Lalu dosen itu menekan hingga kau tenggelam dan terus tenggelam, jangan panik! Posisikan diri pada posisi terbaik. Manfaatkan energi tekanan itu dengan baik, dan saat tekanan terlepas, maka kau kan menghentak, memantul dan menyembul ke atas dengan kuat dan tingginya. Lalu kau hitung dengan seksama dan perhatikan hasil analisanya. Bukankah kau bisa merasakan bahwa ternyata kau bisa jauh lebih tinggi daripada terapung pada rata-rata air tadi?”

Itulah pentingnya kita menjadikan apa pun yang menimpa kita, menjadi sarana tuk lebih meningkatkan kemampuan kita.

Ingat, karena sikap kita bernilai.”

(Tulisan ini ditujukan untuk beberapa sahabatku. Ukhti di Jakarta yang kemarin SMS saya, semangatlah, S2 nya pasti lancar. Ukhti di Tasikmalaya yang sedang berbaring di Rumah Sakit, A yakin kamu segera sembuh. Ukhti di Cianjur, percayalah bahwa bis itu kan segera datang. Dan yang terakhir ukhti di Bogor, percayalah bahwa untuk bisa tegar itu mudah. Dan yang pasti tulisan ini juga untuk diriku sendiri.)
Salam semangat!
Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

38 Balasan ke Karena Sikap Kita Bernilai

  1. tea! berkata:

    jazakAllah akhii…

    siap-siap aja saya mellow jenggo terus ceritanya *senyum terpaksa saking masih terasa berraatt*

    tapi insyaAllah selalu ada daya buat semangat dan bangkit 🙂

  2. dieyna berkata:

    Ada juga yang seperti air, saat ia dibendung ia akan selalu mencari celah untuk melewati batas yang mengungkung,
    salam semangat kang

  3. roy berkata:

    yah lumayan lah…….
    yang pernting masuk tiga besar…..
    hahahahaha

  4. roy berkata:

    sipz…….
    apapul yang kita lakukan di dunia ini….
    niatkanlah untuk belajar…
    terus belajar dan terus belajar…
    dan jangan pernah berhenti belajar sebelum datang yanga namanya ajal….
    hehehhe
    sok dewasa neh

  5. bonar berkata:

    hidup adalah perjuangan…

    salam,
    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

  6. mujahidahwanita berkata:

    Itulah hidup bagai roda yang terus beputar, kadang ada di atas kadang ada di bawah.

    Salam damai selalu

  7. AngelNdutz berkata:

    untuk bisa tegar itu mudah…umm…untuk bisa bersabar itu sulit, bener gak Kang?

  8. fachri berkata:

    jazakumullah khoir atas nasehatnya..

  9. omiyan berkata:

    dimanapun kita berada ikutilah apa yang ada disana dengan niat baik dari kita….

  10. edy berkata:

    makasih, kang 🙂

  11. bluethunderheart berkata:

    siang sahabat
    blue sapa nich
    salam hangat selalu

  12. mel berkata:

    dr judulnya saja saya sudah terkesan sekali.Apalagi di jaman jahiliyah seperti sekarang terkadang sikap sudah tidak dipedulikan yang penting tujuan tercapai itu yg mereka pikirkan,,,,
    peace out from mel

  13. Resi Bismo berkata:

    assalamualaikum wr wb,

    hidup itu indah, jika kita memaknai hidup itu
    hidup itu tantangan, jika kita menantang hidup itu
    hidup itu anugrah jika kita memanfaatkan hidup kita

    sukses selalu bro..

  14. jiwakelana berkata:

    Anggap aja seperti sebuah bola yang di tekan di dalam air, ketika bola itu di lepas ia akan melambung tinggi ke atas, yang penting bolanya gak bocor ya sobat..

  15. tukyman berkata:

    aku datang membawa tongkat, tongkat ini bukan sembarang tongkat kalau gak ngasi koment keblogmu bisa gawat

  16. suwit2 berkata:

    kok tulisannya buat ukhti doank sih,g ad yg buat akhi?

  17. Perspektif Senja berkata:

    Terkadang nilai itu sulit dicari dalam diri seseorang…

  18. cocok buat ku nich kayaknyah… 😀
    makasih kang 😀

  19. nengthree berkata:

    salam semangat juga!!
    masalah yang datang memberi pelajaran untuk kita lebih tangguh dalam menjalani hidup..
    * sok tau mode: on*

  20. siwi berkata:

    Semua masalah adalah untuk mendewasakan dan memantapkan langkah kita, juga agar kita semakin berserah kepadaNYA. Benar begitu?
    🙂

  21. grubik berkata:

    Kita selalu punya kebebasan utk memilih sikap, makin banyak ilmu kita, makin brmutu sikap n pilihan hidup kita,
    Semangat!

  22. kakakQ yg stau ini mmg bijak dan dewasa banget, truz suka banget berfikir postif… 🙂
    appun yg Qta lakukan jangan pernah dianggap sia2, dan sekecil apapun itu, jika Qta yakin bs berguna, pasti Insya Allah mmg berguna… semuanya pasti g pernah sia2 belaka dan ada hikmahnya.. 🙂 Nice Post kak

  23. Rita berkata:

    Positif tingking biasanya berbuah kebaikan 😀

  24. Gelandangan berkata:

    sebuah pencerahan yang sangat saya butuhkan sobat.
    bijak sekali dirimu

  25. sawali tuhusetya berkata:

    tak ada sukses yang bisa diraih dg bergerak mundur. bersikap dan melakukan aksi adalah jalan terbaik. semoga sahabat2 mas achoey bisa menyikapi masalahnya dg bijak.

  26. obaghy berkata:

    seperti bola yg ditekan hingga tenggelam posisikan diri dan jangan sampai bolanya bocor ya kang:-)

  27. budimeeong berkata:

    Semangaaaaaaaaaaaaaattttt… 😈

  28. zoel berkata:

    dari sikaplah orang bisa menilai kita

  29. mascayo berkata:

    kebiasaan juga membentuk sikap yang muncul dari diri kita.
    saya masih harus terus belajar

  30. bluedicko berkata:

    great post!!
    setiap langkah dalam hidup bernilai..
    dan hanya orang-orang yang punya jiwa besar yang bisa mengambil makna dari nilai itu..

    karena setiap sikap kita pasti bernilai…(ehh..itu ngulang judulnya yah..hehehehe)

  31. uki21 berkata:

    karna itu engkau berharga sobat…
    duh..

  32. bluethunderheart berkata:

    baikbos
    blue akan belajar tangguh biar cewpd ngantri daftar ke aku hehehe…………
    malam mingguan lagi…………..

    besok aku mau ke bogor ke masdjid agung trus makan soto yg dipinggir itu lho…………….intinya pingin makan soto.mau ketemuan bang?
    salam hangat selalu

    ————————————————-
    Wah kebetulan BLOGOR ada kopdar besok di Saung Aki. Coba kalo sobat bisa ke sana 🙂

  33. BUGIAKSO berkata:

    Salam kenal, Kang Achoey…

    Dalam sekali makna pelajaran bola dalam tekanan itu. Kita belajar tentang kehidupan bukan dari hal-hal yang mudah, justru dari kesalahan dan tekanan pembelajaran itu datang. Semoga sahabat-sahabat Kang Achoey bisa mengambil hikmah atas semua kisah hidup yang menghampiri.. Amin..

  34. falla berkata:

    salamualaikumm, kang udah lama ga berkunjung kesini. makin kreatif aja kang..!!
    dalem banget ceritanya..!! mengharukan.

    oh iya kang saya pindah alamat.
    tolong di blogroll saya di ganti linknya ke http://www.achfall.web.id ya kang..!!

    save palestine

  35. syakura berkata:

    Subhanallah…
    I like this posting.

  36. siafa berkata:

    ******yeyey ye pengomen bontot ********
    betul seperti sikapku yang ————–
    >>>seperti baja bila dipukul bunyi teng — teng5X mie ayam – mie ayam
    >>>seperti ranting bila dibanting terpelenting–
    >>>seperti kapas bila tertiup angin ilang
    >>>seperti aku ini bila ditanya SIAFA sih loee??
    >>>>>>>>SIAFA ya<<<<<<<<<<<<
    ?? SiAFA??

  37. wi3nd berkata:

    *nDa setuujuu..!!
    hidup bukkan ran9kaian masalah a’..
    hidup ituh indah jika kita menjalanina d9 benaR

    masalah itu aDa karna suatu sebab,hadapi&sikapi masalah ituh,jan9an pernah lari darinya,siKap dLm men9hadapi masalah adlh @ proses pendewasaan diri ju9a poLa pikir..:)
    jaaahh..sok tuiir amat yakh…:lol:

    **kaburrr akh..

  38. tian berkata:

    sip, mantap gan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s