Menjadi “Malaikat”


 

Seorang lelaki bertapa berpuluh hari, berharap bidadari datang menghampiri. Tapi saat satu sosok mendekap, dia malah mebentak, mengusir menggurat kasar.

 

Sosok itu terisak sesaat, lalu tersenyum dan beranjak. Ditinggalkannya kado perpisahan yang kelak kan dibuka sang pertapa.

 

Sang pertapa membiarkannya berlarut, lalu rasa penasaran pun menumpuk dan perlahan menggerakan tangannya tuk membuka. Dan apa yang dia temukan. Ternyata seonggok penyesalan.

 

Lelaki itu benamkan wajahnya di danau, biar dia tersadar akan silau. Silau yang membuatnya buta sekian lama. Sehingga dia tak mampu membedakan bidadari semacam apa yang sebenarnya dipuja.

 

Memang, sosok yang pernah mendatanginya bukanlah bidadari. Tapi justru kehadirannya tuk merubah sang pertapa menjadi malaikat. Dan kesempatan ini telah lewat.

 

Sebelum mudik kan kutanyakan pada sahabat:

 

“Apakah kau memilih tuk mendapatkan “bidadari”, atau menerima sosok penuh rapuh yang membuatmu menjadi “malaikat” atas ketulusan itu?”

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi dan tag , , , , . Tandai permalink.

67 Balasan ke Menjadi “Malaikat”

  1. Lumiere berkata:

    bidadari? ogah ah, jeruk minum jeruk dong :mrgreen:
    kayaknya postingan ini cuman buat kaum adam ya? 🙄

    *serius ON*
    😥 masalahnya sulit kang, membedakan apakah sesorang itu memang tulus? apa ia memang untuk kita? ataukah ada seseorg yg lain di luar sana yg sedang mencari “tulang rusuk”nya.
    *fokus* Oke, kurasa, aku pilih… “belajar menerima” aja ^-^ Bismillah

  2. suwit2 berkata:

    kalo aku milh bidadari doong.soale manusia g mungkin jd malaikat. Terkadang yg d benci manusia itu d suka Allah,dan kadang yg cintai manusia itu d benci Allah.

  3. dieyna berkata:

    Menyelaraskan harapan keniscayaan, dan takdir,
    kan kutanya pada pecipta malaikat apa yang terbaik untukku karena IA Yang Maha Tahu

  4. abinda2 berkata:

    Bidadari sesungguhnya pastikan datang,berharaplah yg terbaik tak perlu mjd malaikat bila ada bidadari yg bisa jd penyejuk mata,jd pelita dlm gelap, jd tongkat bg sibuta,penentram hati penajam fikiran, dirumah jd istri dijalanan kawan disaat kita buntu dia penunjuk jalan, ok bro!

  5. suhadinet berkata:

    Wah choey, di luar konteks perasaanmu yang dilarungkan dalam coretan ini, aku salut. Kata-kata puitismu selalu bikin tersentak. Salut.

    Soal isi, ingin kusampaikan: tak ada wanita sempurna, sebagaimana tak ada lelaki sempurna.

  6. subhanallah, postingannya menguggah hatiQ kak…
    ini yg kadang tak Qta fikirkan selanjutnya dan sedalam2nya…
    sesuatu yg dinilai sesaat dan hanya beradasrakn ukuran luar semata belum tentu pernah sama dengan bisa membuat Qta mrs menjadi lebih baik..

    Memiliki seseorang dengan mencintai segala kekurangannya karena ketulusan dan kesabarannya Inysa Allah merupakan pilihan terbaik… 🙂

  7. yu2n berkata:

    umm…. kalo bidadari Kang Achoey sudah ketemu kah..? 🙂

  8. Ly berkata:

    hhmm…. pilihan membingungkan yach kalau bisa mah dapet bidadari yang berhati malaikat aja kang 😀

  9. rocknoida berkata:

    wew,,

    bis terbang doung gw 😆

  10. Amel berkata:

    Sepakat ma komen2 diatas, nambahin dikit blh ya kak:D ,Mmm.. ga prlu dinilai sblm ny apakah dy sudah bidadari ato blm, ktulusan dlm hati pun tak dpt dnilai, tp dirasakan. Dengarkan kata hatimu kak, yakinkan dgn istiharahmu padaNYA , Semangaat 🙂

  11. chatoer berkata:

    jd termenung baca postingan kang achoey yg ini

  12. Amel berkata:

    O iya, met mudik ya kak.. (bye)

  13. edratna berkata:

    Jika kita menggunakan hati, maka nurani kita tak pernah menipu kita, bahkan jika mata dan pendengaran kita tertipu.

  14. Indra Hadi berkata:

    percaya pada kata hati.. maka kita bisa liat segala sesuatunya lebih jelas deh..
    salam kenal..

  15. domba garut! berkata:

    Hm.. jadi manusia berhati malaikat aja deh sambil ngarep bidadari jatuh cinta padanya 😀

  16. Yari NK berkata:

    Yah… begitulah….. terkadang seseorang melihat seseorang lainnya dari bentuk luarnya saja yang indah tanpa menghargai apa yang bisa diperbuat oleh orang tersebut. Jikalau semuanya sudah terlambat dan baru ia menyadarinya bahwa sesuatu yang berada di dalam itu jauh lebih berharga…

  17. mew da vinci berkata:

    seseorang pernah bilang ke saya : melihatlah ke bawah mata.

    saya gak ngerti maksudnya, cuma kalau kata-kata ini saya sampaikan ke sampeyan, mungkin bisa lebih berguna. 🙂

  18. etikush berkata:

    dua-duanya, secantik bidadari, dan karena ketulusannya menjadikan aq malaikat…

  19. uki21 berkata:

    ane yakin bidadari itu telah di siapkan Allah untuk nt…
    sabar aja…. Mentari segera akan meninggi, cepatlah kejar mimpi

  20. bluethunderheart berkata:

    akusuka bang membacanya.keren!
    semangat terus met liburan ya.salam hangat selalu

  21. mujahidahwanita berkata:

    Memang, sosok yang pernah mendatanginya bukanlah bidadari. Tapi justru kehadirannya tuk merubah sang pertapa menjadi malaikat. Dan kesempatan ini telah lewat

    Telah lewat berarti terlambat ya….,tidak ada kata Telah lewat/terlambat untuk merubah diri dari sang petapa menjadi seorang malaikat.Selama masih ada harapan di hati kita untuk mau merubahnya maka kesempatan itu akan selalu ada

    Tidak ada kata Telah lewat/terlambat….

    lebih baikTelah lewat/terlambat dari pada tidak sama sekali

    Saya tidak pernah memilih menjadi bidadari atau menjadi sang malaikat

    Alangkah baiknya jika kita memilih tuk menjadi sang Kekasih_Nya

    Yang di cintai dan mencintai

    Sepertinya saya lagi ngelantur Ya….mrgreen

    Salam damai penuh cinta di dalam Rahmat dan Ridho_Nya

  22. aziz berkata:

    wah, sebuah pilihan tentang masa depan kita…. kita masih punya tanggung jawab yang perlu untuk diperjuangkan sebagai tanggung jawab kita sebagai manusia…. kalau memang harus memilih, ada baiknya kita menjadi malaikat yang bisa juga memilih seorang bidadari….

  23. Rindu berkata:

    Saya datang, menjelma menjadi bidadari meski tak bersayap … boleh saya masuk kang?

  24. Fajar berkata:

    apakah bs ya sy menjadi malikat itu…?
    Selamat Tahun Baru 1430 H kang Achoey, maafkan kesalahan saya….

  25. Arm berkata:

    bidadari dong 🙂

    dengan bidadari yg tepat kita pun sudah berasa seperti malaikat 🙂

  26. siafa berkata:

    leleh elehh….rame banget niiihh.
    ada yang nyaranin milih bidadari…
    ada yang nyararanin milih jadi malaikat…
    ada yang pingin jadi bidadari..
    ada yang pingin jadi malaikat…
    —————————————————-
    —————————————————-
    aku tanya SIAFA dirimu.?
    malaikat itu dilangit..
    bidadari dikayangan..
    jadi yang benar adalah menjadi manusia dan memilih manusia
    dengan sifat kewajaran manusia..
    begicu kira.2.. \(*_*)?..

  27. roy berkata:

    akang cahoy……..
    shabat dan juga abang ku yang bijak sana…

    Hidup emang pilihan, setiap hari akan dipenuhi dengan pilihan,
    kita saat ini adalah hasil dari kombinasi pilihan-pilihan kita pada hari-hari sebelumnya…….

    Ini sok sok tahu nya roy aja ya…
    emang kenapa ngotot nyari bidadari?
    emang bidadari sperti apa yang di inginkan?

    Jika bidadari justru bikin kita sombong nantinya karena berhasil memiliki seorang bidadari……kan gak baik juga tho?
    toh bidadarinya blom juga mau kan? hehehe

    manusia biasa yang lemah, lembut sederhana tetapi bisa merubah makhluk yang hina menjadi malaikat….
    jauh lebih baik dari ratu bidadari sekalipun…
    jika bidadari itu malah bikin kita sombong…

    heheh cuma numpang ngasih argument loh kang..
    jangan marah n jangan merasa digurui… ya….

  28. mirma yudha berkata:

    selalu hanya ingin tersenyum ketika membaca kata2 puitis kang achoey ^^

  29. ichanx berkata:

    saya jadi manusia ajaaaa….. gak enak jadi malaikat mah euy…. tidak punya hawa nafsu…. *tidak menangkap makna tersirat dari postingan ini* hihihi

  30. Resi Bismo berkata:

    yang sedang2 aja.. gak perlu jadi malaikat atau bidadari, manusia emang tempat salah dan lupa, namun dibalik itu ada keindahan.. hidup memang dinamis.

  31. ubadbmarko berkata:

    ada tiga mahluk : 1 malaikat yang selalu taat, 2 jin dan 3 manusia, jin dan manusia ada yang taat dan ada yang ga taat pada Tuhan, yang ga taat baik jin atau manusia namanya SETAN.

  32. Sassie Kirana berkata:

    Membaca postingan ini sambil dengerin lagunya Dewi Lestari Malaikat juga tau..terasa pas banget..

    ” karena kau tak lihat.. Terkadang malaikat tak bersayap, tak cemerlang, tak rupawan..

    Namun kasih ini..silahkan kau adu..Malaikat juga tau siapa yang jadi juaranya”

    Bener deh..terkadang cinta sejati sebenarnya ada didepan mata tapi seringkali kita gak menyadarinya, saat dia udah pergi barulah terasa kehilangan..

    Semangat ya kang!

  33. bluethunderheart berkata:

    selamat malam bang
    salam hangat selalu

  34. Rita berkata:

    Untung pertanyaanya bukan ditujukan padaku hehe… 😀

  35. ahsinmuslim berkata:

    seorang wanita yang tulus ikhlas mencintai kita, menerima diri kita apa adanya karena Allah Ta’ala. meskipun, oleh mata dunia ia tampak rapuh dan lemah, namun seungguhnya dari hatinya ada ketulusan dan keindahan sang bidadari. InsyaAllah….

  36. ahsinmuslim berkata:

    Serahkan semua permasalahan ini kepada Allah Tabarok wa Ta’ala.
    niscaya hati akan tenang.

    Semangat, mas Achoey!!!!

  37. siwi berkata:

    Tak ada manusia yang sempurna, ketulusan hati untuk mencintai dan menerima apa adanya yang akan membuatnya terlihat seindah bidadari dan sesuci malaikat *walah.. ngomong opo to? hihi*
    Semoga selalu diberikan yang terbaik ya.. Amin 🙂

  38. tuyi berkata:

    sebuah renungan tuk kita semua…

  39. selamat siang
    semoga semakin bersemangat selalu
    salam hangat dari blue

  40. nie berkata:

    dalem ya maknanya..nice post 😉

  41. omiyan berkata:

    semoga bidadari itu memberikan semangat kepada seorang sahabat

  42. arifrahmanlubis berkata:

    saya dipilihkan bidadari 🙂

  43. afwan auliyar berkata:

    mikir kang ….
    sosok yang manusia butuhkan bukan hanya fisik, tp kenyamanan

  44. nenyok berkata:

    Salam
    malaikat juga tahu, aku yang jadi juaranya 🙂
    Semangat kang…hanya soal waktu bukan, semoga Alloh beri yang terbaik aja. Amin

  45. ILYAS ASIA berkata:

    laki-laki sejati
    membuat wanita merasa cantik

    ..
    wanita sejati
    membuat pria menjadi ksatria

    =..=

    hanya lelaki
    yang mampu membuat gadis desa menjadi bidadari surga.

    +..+
    ilyas afsoh

  46. syelviapoe3 berkata:

    Selalu…menyesal datang KEMUDIAN..

  47. latree berkata:

    *So7 mode: on*

    mungkin salahku melewatkanmu
    hingga kau kini dengan yang lain
    maafkan aku…

    *So7 mode: off*

    sabar kang, insya Allah datang lagi yang dinanti…

  48. Gusti Dana berkata:

    Lagi mampirr…

    Menjadi bidadari ataupun pertapa bukanlah suatu pilihan,tetapi keikhlasan dan kerendahan hati yang membuat seseorang dapat menjadi seorang malaikat.:-)

    Artikel yg bagus sahabatku..

    Selamat menyongsong tahun baru dengan postingan yg makin bermakna dan bermanfaat untuk orang lain.;-)

  49. bang…..
    aku mau kevila keluargaku.
    bisa kita copdar dibogornich.
    semangat serta salam hangat selalu
    met akhir tahun

  50. emfajar berkata:

    klo saya pilih bidadari yang punya hati malaikat..

    *ada ga yah :mrgreen:

  51. Agung Mojosari berkata:

    kalau pilihannya cuma 2, aku pilih yang terakhir kang…

    selamat tahun baru (islam dan masehi)
    semoga sukses selalu.. 🙂

  52. aqsci berkata:

    Selamat tao anyar 1430 H n 2009. Selamat berlibur. Selamat mudik. Selamat memilih presiden. Selamat memilih jodoh. Selamat berkarya

  53. Jay berkata:

    Hmmmm
    Garuk2 kepala meski ngak gatal
    SELAMAT TAHUN BARU

  54. mascayo berkata:

    wah ndak tahu yah, istikhoroh saja dan mencoba menjalani hidup dengan ikhlas ..

  55. zoel berkata:

    wahh saya g’ tau kang

  56. intan berkata:

    sudahlah a..
    jngan trpruk…
    ini pilihan aa kan jalani saja!
    life is a choice..
    so just run your choice.

    have a great life juorney..

    sang bidadari

  57. [H] berkata:

    mendapatkan “bidadari” yang membuat kita menjadi “malaikat”?!? 🙂

  58. grubik berkata:

    Kalo sy pilih bidadari yg bisa membuat saya sehebat malaikat (tp tetep jd manusia aja lah)

  59. radesya berkata:

    Pertapa itu terlalu lama bertapa, sehingga dia lupa, kalau usianya semakin tua, bidadari yang di nanti tentu akan melenggang pergi..

    Berhati malaikat jauh lebih indah 🙂

  60. jo24 berkata:

    memang sih penyesalan itu datangnya belakangan..
    Kalo saya disuruh memilih, saya akan memilih sosok rapuh tesebut..
    alasannya=?(biar saya saja yang tahu..)
    oh ya, sampe lupa, salam kenal ya..

  61. Anis berkata:

    Aslm…
    masih belum ketemu juga bidadarinya A’?
    kalo menurut nis si A berusaha aja buat jadi yang terbaik sebisa A, kalo boleh kasih saran nggak bagus juga A terus berfikir sebaiknya A mencari bidadari atau wanita yang bukan bidadari.
    sosok bidadari yang A pikirkan selama ini mungkin terlalu berlebihan…
    bidadari yang ada di bayangan A itu wanita yang memiliki kebaikan atau perfect bgt dari semua sisi…
    yang ada di dunia ini, masing2 orang hanya berusaha unrtuk menjadi yang paling sempurna bagi dirinya, berusaha semaksimal mungkin tuk jadi yang terbaik dan nyatanya di dunia ini gak ada yang sempurna A…
    A mau bidadari? jangan A pusing2 cari bidadari, pantaskalah diri A untuk mendapat bidadari^_^
    sebaik apakah calon pendamping A, yang A cari? Berusahalah untuk mamantaskan diri A untuk mendpatkannya…
    nis yakin A akan dapet yang terbaik.
    mudah2n di tahun yang baru ini A bisa lebih bijak tuk memilih ^_^
    yang penting smangat terus ya A….
    nis yakin ALLAH dah menyiapkan seseorang untuk A jemput
    adikmu ini mendukungmu…
    SMANGADH…..^_^

  62. Rian Xavier berkata:

    Wah bidadari tapi hati malaikat ya? Susah carinya. :mrgreen:

  63. wi3nd berkata:

    wuaduch akan9 bertanya neeh?
    hmm.. pertanyaanna cuKup sulit,seba9ai manusia tentuna men9in9inkan kesempurnaan untuk semua ato idealna seeh sempurna terlebih untuk pasan9an hidup,bidadari adalah impian lelaki seja9ad,tapi adakah yan9 sempurna? tak ada,melen9kapai ketidaksempurnaan adalah hal yan9 amad luarr biasa,menjadi malaikat & pelindun9 ba9i yan9 rapuh adalah perbuatan terpuji,perlu keikhlasan dan ketulusan hati kan9..
    hin99a akhirna “hati kecil”lah yan9 palin9 jujur untuk menjawab ituh semua..:)

  64. Heryan Tony berkata:

    Aduh, bidadari oh bidadari

  65. gbaiquni berkata:

    mendapatkan bidadari atau pun tidak…, rasanya kita harus tetap menjadi malaikat…

    -gbaiq-
    [senyum] 🙂
    === === ===

  66. Mengikuti Kata Hati…. Itu yang akan saya lakukan…
    Salam kenal mas Achoey.. 😀

  67. Yulis Samoa berkata:

    Sering mendengar orang mengatakan, “Ikuti Kata Hati.” Tetapi, apakah apa yang dikatakan kata hati itu adalah sesuatu yang selalu benar ya mas? Saya pernah tidak mengikuti kata hati, dan ternyata saya salah… Dan kali ini, saya ingin mengikuti kata hati saya, dan saya tidak mengerti, apakah yang dikatakan hati saya ini adalah yang terbaik bagi saya… *huaaaaaaa… curhat.com* 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s