Nyamannya Pakai Batik


Kalau saya bertanya, apakah ada diantara kalian yang belum pernah mengenakan baju batik. Bisa jadi yang menjawab “ya” lumayan banyak. Alasannya bisa beragam. Ada yang beralasan baju batik adalah pakaian yang ga gaul atau ada juga yang beralasan kalau pakai batik seolah mau pergi ke undangan pernikahan saja. Nah saat ini saya berusaha tuk mencoba menikmati nyamannya mengenakan baju batik. Paling tidak saya coba kalau hari jumat mengenakannya.

Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “titik”. Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan “malam” (wax) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna (dye), atau dalam Bahasa Inggrisnya “wax-resist dyeing”. (sumber: wikipedia)

Nah kali ini saya tunjukkan betapa nyamannya mengenakan baju batik. ๐Ÿ˜€

Coba lihat lelaki itu, dia tetap PeDe ketika ngisi motivasi di depan siswa sebuah sekolah.

Tuh kan, dengan mengenakan baju batik para siswa terpukau dan lebih akrab.

Nah siangnya menghadiri acara resmi seperti ini. Dan benar kesannya lebih terhormat ๐Ÿ˜€

Tuh kan ngerjain orang yang berbatik juga seru. Jadi kenapa juga risih pake batik

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Sepenggal Kisah dan tag , , , , . Tandai permalink.

67 Balasan ke Nyamannya Pakai Batik

  1. Tuyi berkata:

    wah ternyata selain jadi trainer, rupanya kang achoey pengusaha batik ya…?
    I love product Indonesian. Sukses Deh….?!

  2. yessymuchtar berkata:

    ciehhhhhhhh.
    kayaknya..blogger nasrsis tambah lagi dehhhh

    welcome to the club kang!! hahahahah

  3. sososibuk berkata:

    aku cinta batik

    tapi di lemari cuma punya 1…dapet dikasi pula ๐Ÿ˜€

  4. edratna berkata:

    Saya sejak remaja suka batik…karena dipakainya terasa adem….

  5. IndahJuli berkata:

    di kantor, saban jumat di minggu kedua dan empat, kudu pake batik.
    Huhuhu ngak bisa bergaya dengan baju lain, karena hari-hari lainnya juga pake seragam.
    Hidup Batik.
    Kamu ganteng pake batik…hehehehe *kabur*

  6. Yoga berkata:

    Pas hari ini pakai batik, pas mampir… klop dengan tulisannya.

  7. Mang Kumlod berkata:

    Akhir-akhir ini sih saya pake batik. Lagi musim sih….
    Sekarang juga saya lagi pake batik nih…. :mrgreen:

  8. Alex berkata:

    lelaki itu pede banget yah……sepede si Akang….hehe

    sy suka banget pake batik….lebih berwibawa gitu…..

  9. emma berkata:

    Betul tuh kang,..nyaamaann banget pake batik
    secara bahan batik itu adem di pakai..
    motif batik klasik, ga’ pernah ada “matinya”
    sebenernya pake batik dari jaman sekolah di TK-SD dulu kita udah di ajari ya..itu tandanya sejak dulu udah ada kekhawatiran batik kita akan di serobot negara lain..bila kita tak melestarikannya..jangan di pakai saat trend saja.lhoo
    #eh betul ga’ siih ni nulis. koment or curhat.! panjang banget..#

  10. ekoph berkata:

    batik?? why not..
    lebih bersahaja..
    nggak gaul?? kata siapa? gaul pake batik kan no problem

  11. awym berkata:

    klo di termpat saya ga batik mas, tapi sasirangan, nyaman banget di pake, coba deh kapan-kapan…

  12. erander berkata:

    Loh .. sekarang kan batik sedang trend di Jakarta .. apalagi kalo motif-nya yang sekarang .. kerenยฒ koq.

  13. Fajar berkata:

    keren kang Haris….

  14. Fajar berkata:

    harus banyak belajar neh ma kang Haris…

  15. Pakde berkata:

    Batik? Wow Indonesia buanget.
    Bentuk pengakuan bahwa kita cinta produk indonesia nih keknya……..

  16. kishandono berkata:

    saya juga cinta batik, kuliah dulu saya sering pake batik, biar aja dikira kondangan. habisnya lebih fangkeh

  17. okta sihotang berkata:

    cie..cie…
    kang achoey cakep uey pake batik..btw, itu batik apa kang ??

  18. latree berkata:

    pakai batik? enak bagnet… dan aku lebih suka yang kainnya asli katun daripada sutra atau sutra-sutranan (sutra tiruan)
    tiap hari kamis jumat ngantor juga pake batik

    hidup batik!

  19. Lala berkata:

    Aku dari kecil dibiasakan pake batik ama ibuku, tadinya aneh beda sendiri diantara anak2 yang lain, tapi sekarang aku sadar… batik tuh emang nyaman dipake karena rata2 bahannya katun yang adem dan nyaman ๐Ÿ™‚

  20. Daniel Mahendra berkata:

    Ketika mengenakan batik, memang muncul aura yang berbeda. Seolah tidak sama seperti kita mengenakan kemeja biasa. Entah kenapa. Mungkin hanya karena frame saja yang sudah tercipta demikian.

    Batik sejak tahun belasan, menjadi komoditi luar biasa di Solo. Kekuatan dagang pribumi yang tak terkait dan tak tersaingi oleh bisnis baik Eropa, Irlander, Indo, Arab, maupun, India di Hindia Belanda.

    Begitu memasyarakatnya, sehingga kita sudah cukup selesai dengan mengenakannya saja. Nyatanya, ada negara lain yang meng-klaim batik adalah asli berasal dari sana.

    Apa boleh buat, terkadang kita memang kerap terlena.

  21. Rafki RS berkata:

    Baru tahu kalau pengertian batik itu seperti itu. Tapi saya paling suka pake batik. Adem dan nyaman. ๐Ÿ˜€

  22. Gelandangan berkata:

    batik itu nyaman ๐Ÿ˜€
    dimakassar juga kami memakai batik mas

  23. siwi berkata:

    Sepertinya mereka bukan terpukau dengan batik yang dipake, tapi sama yang memakainya hehe..
    Tapi batik itu memang cantik, mari mencintai produk dalam negeri ๐Ÿ™‚

  24. iman love bogor berkata:

    ga punya nih kang, bukannya ga mo make, aku kurang begitu nyaman kalo pake baju yg tipis kayak batik ^^

    kang achoey keren euy pake batik

  25. nAsruni berkata:

    hari ini saya juga pakai batik ke kantor kang,
    ada yang bilang kayak pak lurah,
    ada yang bilang lebih keren,
    ada yang bilang habis kondangan…
    tapi pakai batik memang enak kok… apalagi kalo batiknya gratisan gini ๐Ÿ˜†

  26. Rossa berkata:

    waktu itu saya pernah menghadiri pesta pernikahan teman,
    saya ke sana pake batik. remaja seumuran saya, jarang banget yang mau peke batik. dan sesampainya di sana, tmn2 saya bilang :
    “Kereeeeennnn!!!” ahaha* bangga nya saya, indonesia telah membudidayakan batik! jangansampai batik itu terenggut oleh negara lain!!

  27. tren di bandung berkata:

    pake batik.
    walau aku orang batak.
    beli lebaran kemarin di sebuah butik.
    pake THR hasil kerja payah sampe butek.
    gaji kecil, mikir banyak sampe kepala botak.
    itupun masih kurang, ditambah duit dapet ngumpulin dalem batok.
    sama duit yang ngga jadi dipake beli obat batuk.
    soalnya keburu sembuh setelah di batek.

  28. chatoer berkata:

    gantengnya yg pake batik hehhe

  29. ainulfahmi berkata:

    SAYA SUKA BAJU BATIK ASALKAN COCOK DENGAN SAYA!!!!!
    COMENT BALIK YA!!!!!

  30. ILYAS ASIA berkata:

    saya baru berencana memakai batik

    dan

    kang haris sudah melakukan apa yang saya pikirkan

    katanya di DTC surabaya, harga batik murah mulai 40.000 Rp

  31. mirma yudha berkata:

    mim suka pake batik juga.. ๐Ÿ˜€

    akhir2 ni juga suka beli hehehe.. selain murah juga karna nyaman dan modelnya bagus2

    hidup batik!!

  32. bluethunderheart berkata:

    batik..aku selalu pakai jika ada perjamuan pesta pesta tuh,kang. namun akan ku coba memakai batik di setiap harinya. mudah mudahan. I LOVE BATIK. selamat malam serta salam hangat selalu

  33. wennyaulia berkata:

    palagi model baju batik jaman sekarang bagus2…

  34. hidayanti berkata:

    aku juga cinta batik….i like batik so much

  35. Prasabri berkata:

    kegiatan beragam, dan ternyata semua bisa cocok dengan busana batik…

  36. didta berkata:

    Salam kenal m(_ _)m

  37. dra berkata:

    pake batik itu membuat kita berasa terhormat….. asalkan jangan ke undangan pakai batik anak sekolah!!!!!
    trus kalau kita sudah nikah, dan mau pergi ke undagan kitanya pakai batik…. wah tambah gagah dech….
    lihat aja contoh foto diatas yang terakhir yang kedua dari kiri, pengantin baru pakai batik… gagah banget dah… ah.
    hi… hi….hi

  38. ario saja berkata:

    pancen beda kok pake batik karo gak !!! keliatan maco dan lebih jantan he..he..h.e.. menurut ku lo tapi =))

  39. ubadbmarko berkata:

    Emang batik selalu identik dengan acara resmi deh.

  40. selain nyaman kita juga sekalius melestarikan pakaian adat indonesia…
    semangat yo Mas

  41. ahsinmuslim berkata:

    pake batik yuk!!!

    dan lestarikan budaya Indonesia.
    bukankah bangsa yang baik adalah bangsa yang tidak lupa pada warisan budayanya dan menghargai keanekaragaman.

  42. FaNZ berkata:

    wah batik saya gada tuh kang..

  43. sayah jugax ngajar makek batik kalok hari kamis n jumat ๐Ÿ˜›

  44. mikekono berkata:

    I Love Batik
    Batik memang apik…..

  45. AL berkata:

    Saya suka juga pake batik, tapi gak pas ngajar. Kecuali batik seragam tentu. Habis saya pernah pake batik ditanya anak-anak, ‘Ibu.. mau kondangan ya?’

  46. goenoeng berkata:

    mas,mas….lama2 ketularan narsis juga….. ๐Ÿ˜€

    titip pesan buat yessy :
    yess, ini hasil kerjamu ?

  47. rieny berkata:

    Kweeekkk…
    Wajah baru neh kang???? :mrgreen:

  48. Angga :) berkata:

    batik-tusta itu pemain bola kan? *halah*
    iya batik itu harus jadi ciri INDONESIA. Kenapa? soalnya guruku pernah ke China, beliau pake batik buatan mana gitu aku lupa. Nah pas ditanyain orang, ‘Using ‘batik’? Are u malaysian?’ Langsung marah guruku.. hahaha.. jangan ampe direbut negara kembaran kita! serupa tapi tak sama, kita kaya, sangat kaya.. SEMANGAT! *teringat 17an

  49. denokdebloeng berkata:

    hmm..cucu nya denok jadi tambah ganteng pake batik..hihi..(muji cucu biar dikasih angpao)
    meskipun denok tinggal dijogja, tapi satu pun gak ada baju batik..bukan krn gak suka, tapi blom butuh aja..
    hayoo2 yg mo bisnis batik bs calling2 denok loh.. ๐Ÿ™‚

  50. Yari NK berkata:

    Batik memang sesuai dengan Indonesia. Selain nyaman juga adem, dan polanya juga bagus2.

    Dan yang paling penting batik Indonesia jauh lebih bagus dari batik Malaysia !! :mrgreen:

  51. Retno Damayanthi berkata:

    huu alasan mau mempopulerkan batik padahal….mau pamer foto ya kaaaann? ayo ngaku ayo ngaku hihehehhe

    btw iya kok keren…..batiknya… :mrgreen:

  52. afwan auliyar berkata:

    salut buat kang achoey neh … ๐Ÿ™‚
    udah jadi trainer kang yak … ๐Ÿ™‚

  53. dona berkata:

    melestarikan batik emang penting biar gak disambet negara lain.

  54. presty larasati berkata:

    wuih… coba akh achoey tinggal di solo yang pasti banjir batik…

    di sini batik itu pakaian yang sangat2 lumrah sekali. apalagi sekarang modelnya macem2..

    batik emang keren bgt..
    buat kondangan OKE, buat kegiatan semi formal OKE, buat jalan2 OKE, buat tidur juga OKE.. :mrgreen:

    cinta batik dengan sangat lah…
    apalagi batik besurek bengkulu…. ๐Ÿ˜€

  55. presty larasati berkata:

    akh achey mo beli batik?
    sini tak cari-in di solo.. :mrgreen:

    apa akh achoey aja yang k solo buat berburu batik? sambil ngunjungin ade-nya yang paling manis inih.. :mrgreen:

  56. Ping balik: BATIK BESUREK BENGKULU part 1 « pReSty LaRaSati

  57. Rindu berkata:

    kalo saya bermimpi memakai kebaya suatu hari nanti …. pasti nyaman, jadi kenapa musti risi berkebaya ๐Ÿ™‚

  58. arifrahmanlubis berkata:

    bagus batiknya.

    apa karena yg make kang achoey ya?

    kekeke.

  59. bayu200687 berkata:

    pake batik klo pas hari jum’at ajah…
    hidup narsis!!!

  60. wi3nd berkata:

    klu hare jumat aku ju9a pake bat!k a’
    keyeen kok..;)
    ech..batik y9 dipke ba9us tuch a,bl! dimana ?
    mauu dunkss..??

  61. chic berkata:

    tsaaah… kalo udah merasa pede dengan batik itu, jadi kapan ijab kabul nya?
    Loh?

    hihihihihihi

  62. aRuL berkata:

    wow mantap banget tuh ๐Ÿ™‚

  63. layanglayang berkata:

    alhamdulillah..
    hampir setiap jumat kalo ke kampus saya pake batik..
    yach.. ikut sama kata pemerintah.. membudayakan batik di hari jumat ๐Ÿ˜€
    jadi sekarang, alhamdulillah..
    kalo di kelas, udah banyak juga yang pake batik.. ๐Ÿ™‚

  64. kucingkeren berkata:

    memakai batik, katanya lambang kekompakan kita soal Indonesia..semoga bukan bajunya saja yang kompak ya…

  65. Azzam berkata:

    Malah sekarang batik bisa dibuat pakaian yang lebih kasual lho. Bisa dipadu padankan dengan pakaian lain. BAtik emang top! Jangan kalah ama malaysia yang mau klaim batik juga!.

  66. maminx berkata:

    Setuju apalagi klo ngantor sih enakan pake batik sebenerna mah. Wah si akang gagah nan ganteng gitu pake batik euy ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s