Jika Perlu, Jadikan Aku Murid


Sahabat, bagiku kalian adalah sosok-sosok yang mengagumkan. Dimana aku bisa belajar bagaimana seharusnya aku dapat memposisikan diri agar tetap membuat kalian nyaman. Aku tak bermaksud memanfaatkan kalian, tapi memang kalian bermanfaat untukku.

Saat aku ada di dekat kalian, maka aku adalah gelas kosong. Dan dalam ketidak sadaran kalian, sebenarnya gelas kosong itu melai terisi. Terisi oleh banyak hal yang positif yang kalian tuangkan tanpa beban. Hingga aku mendapat banyak hikmah kebaikan, pencerahan dan ilmu pengetahuan.

Jangan pernah kalian sungkan untuk mengatakan banyak hal. Jangan kalian merasa tidak nyaman untuk menunjukkan banyak hal. Karena sebenarnya, aku sedang banyak belajar untuk menjadikanku lebih baik. Aku sedang belajar bagaimana aku bisa lebih banyak bermanfaat untuk lebih banyak sahabat.

Jika kau pernah melihatku berbicara di hadapan satuan, belasan, puluhan bahkan ratusan orang. Maka jangan kalian anggap aku adalah sosok yang tak butuh kalian untuk belajar. Jangan kalian anggap aku adalah sosok yang penuh ilmu. Karena sebenarnya saat aku berada di hadapan mereka, aku pun sedang belajar dari mereka. Aku belajar untuk menjadi pembicara yang baik, aku belajar untuk menjadi pendengar yang baik, aku belajar dari pertanyaan dan keluhan mereka, aku belajar untuk menyikapi pertanyaan dan keluhan mereka. Dari mereka aku belajar mencari solusi atas permasalahan, dari mereka aku belajar tuk lebih mampu tulus dalam berbagi.

Jadi sahabat, bila perlu anggap aku sebagai murid. Semangat!

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , , , . Tandai permalink.

39 Balasan ke Jika Perlu, Jadikan Aku Murid

  1. suhadinet berkata:

    Dan bagiku, kau adalah satu dari sekian banyak guruku, choey.

  2. ariefdj™ berkata:

    bagiku, pengalaman dan pemahamanmu akan banyak hal merupakan bentuk salah satu pelajaran yang berharga darimu buat q, Choey..

  3. Anang berkata:

    saya murid yang akan berguru pak coy

  4. rivafauziah berkata:

    Belajar… Yuuukk Bareng2

  5. Ly berkata:

    yacchh…. baru sayah mau berguru dengan kang achoeyy…. 🙂
    oaky kalau gitu qt sama² belajar yach kang 😀

  6. andy berkata:

    sharing sahring termasuk kunci segalanya, jangan pelit

  7. novnov berkata:

    kalo murid berarti boleh di setrap dunks hehehe

  8. rhainy berkata:

    kang…udah mampir nih…dan emang aku selalu mampir lho (walau gak ninggalin komen apa2…krn kadang binun mo komen apa, takut terlihat basa basi)
    soal belajar dan jadi murid….aku juga belajar banyak dari blog nya kang achoey…makasih kang!!

  9. cahaya berkata:

    Berarti intimya kita sama-sama belajar ya kang 😀
    Saling mengisi dan diisi melalui porsi masing-masing.

  10. ahsinmuslim berkata:

    sesungguhnya kebahagiaan itu berada dalam sifat rendah hati dan saling mengerti.
    dan saya belajar itu dari kang achoey.

    Semangat mas!!!!

  11. emfajar berkata:

    saya juga banyak belajar dari kang achoey 😀

  12. rismaka berkata:

    Sahabat…jadikanlah diri-diri ini sang murid bagi alam.
    Jadikanlah diri-diri ini murid bagi yang terkasih.
    Jadikanlah diri-diri ini murid bagi yang terbenci.
    Namun janganlah diri-diri ini khilaf, karena diri-diri ini adalah hamba-hambaNya.
    Sahabat…teruslah menjadi pembelajar dengan ketawadhu-an.

  13. syelviapoe3 berkata:

    Belajar itu memang menyenangkan…
    Ehm…jadi inget ama laskar pelangi, nih 😀

  14. kidungjingga berkata:

    salut kang achoey…!
    bener2 menjaga untuk tidak jadi gelas penuh yang hanya akan menumpahkan isinya ya? 4 jempol kang achoey..

  15. ainulfahmi berkata:

    halo salam kenal !!!
    mampir ke blog ku ya!!!!!!!!

  16. goenoeng berkata:

    walah choey…
    kalau sampeyan saja gelas kosong, lha terus aku ini apa ?
    🙂

    Kau adalah sahabatku. Maukah kau menjadi gelas kosong sepertiku dan kan kuajak pada pengembaraan pencarian ilmu? 🙂

  17. yudhi14 berkata:

    salut buat kang acoey
    semoga semakin hari menjadi lebih baik kang
    terus belajar dan berkarya kang

  18. Jiban berkata:

    ah dirimu terlalu berlebihan…
    /* siul-siul sok bloon…

  19. yudhi14 berkata:

    kang doyan gorengan gak
    ada tuh mampir ya

    Doyan bgt bos 🙂
    Mana?

  20. httsan berkata:

    tidak gampang menjadi guru anda, karna anda sangat tidak sederhana, ternyata.
    : )

    Bapak terlalu berlebihan menilai saya. Saya adalah sesederhana apa yang sebenarnya Bapak lihat 🙂

  21. f474r berkata:

    Blogwalking Sambil Nyari Kenalan
    Salam Dari duitptc.info

  22. Pakde berkata:

    Guru yang baik adalah guru yang dapat di gugu dan di tiru. :coffesmile: coffesmile

  23. mascayo berkata:

    mari kita saling mengisi, berbagi dan berbagi …

  24. Daniel Mahendra berkata:

    Betulkah apa yang kau tulis?

    Sejak dulu aku selalu memperhatikan bagaimana cara dan polamu berkomentar di banyak blog kawan-kawan, Choey. Sehingga ketika membaca postingan ini, aku jadi tergelitik untuk bertanya: betulkah apa yang kau tulis di atas itu, Kawan?

    Salam hangat selalu.

    Ah aku amat senang ternyata kau begitu memperhatikan setiap jejak langkahku kawan.
    Soal betul atau tidak apa yang kau tulis. Kau kan temukan jawabannya ketika kau menyapaku di alam sebenarnya. Tapi, janganlah kau sungkan tuk mengutarakan apa pun tentangku.
    Sahabat, semoga kau sempat meyapaku di darat 😀

  25. FaNZ berkata:

    saya murid mu pak..

  26. Rindu berkata:

    kalo saya anggap mas sebagai calon imam saya … keberatan juga?

    Saya, perlu banyak belajar lagi untuk menjadi imam sosok sebaik Rindu 🙂

  27. bluethunderheart berkata:

    duh senangnya abang dijadikan imam oleh rindu..heheh!

    abang adalah sebuah inovatif bg segala blogerku, sahabat, saudara sejati.
    tetap penuhi gelasmu dengan semangat
    salam hangat selalu

    Kau adalah guruku. Dan dengan kerendahan hatimu aku sangat tersanjung sahabatku 🙂

  28. afwan auliyar berkata:

    wew…… keknya saya yg harus berguru ma akang ………. 🙂
    kita sama2 belajar kang ………

  29. Abeeayang™ berkata:

    saling belajar, kang….

  30. fisha17 berkata:

    sesama pelajar harus saling mengingatkan.. loh?? hehehehe

  31. wennyaulia berkata:

    komennya mbak rindu… :mrgreen:

    wah, susah jadi gurunya akang
    harus lebih pinter dulu
    sedangkan saya… 😆

  32. falla berkata:

    kang achoey, makasih banyak ilmu yang udah di kasih barusan…
    kagum sama kang achoey..!!

    tetep semangat kang… kita ada di belakangmu.. 🙂

  33. vaepink berkata:

    Subhanallah… 🙂
    Masih tetap semangat kan kang untuk mengisi gelas kosong itu dan akang jangan lupa kasih keaku setitik air yang ada digelas itu yah…. 🙂

  34. nAsruni berkata:

    guru dan murid, sama-sama pembelajar…
    kang Achoey masih guru saya.. 😀

  35. okta sihotang berkata:

    bah, kang achoey mah emang guruku yang hebat
    *saloetttt

    Kau juga guruku dik 🙂

  36. Cabe Rawit berkata:

    Tolong bikinin kofi, jangan terlalu manis, jangan fula terlalu fahit. Yang sedang-sedang saja. Oh iya, jangan lufa, ambilin fenghafus di ruang guru… *guru tukang merintah ON* :mrgreen:

    bang… abang lebih fantas dianggaf guru… 😀

  37. wi3nd berkata:

    kiTa beLajar saMa sama yiuuk kan9?

  38. yessymuchtar berkata:

    terus kalo semua jadi murid gurunya siapa!??!

  39. hidayanti berkata:

    guru adalah pengalan yang terbaik…eh…ga nyambung yak?kekekke

Tinggalkan Balasan

