La Tahzan Akhi


Saat sosok pujaan pergi dari tepian hati, menuju pelaminan bersanding dengan lelaki lain. Adalah sebuah kewajaran jikalau kesedihan itu kau alami. Terlebih ketika cincin putih itu telah melingkar di manisnya jemari, beberapa lama waktunya. Dan ternyata dia kembalikan bersama selembar undangan, pernikahan.

Aku tak bermaksud mengecilkan arti cinta yang tertanam dan pengorbanan yang telah kau lakukan selama ini. Tapi ketahuilah, bahwa hak Allah untuk menimpakan apa pun pada kita. Hak Allah untuk melakukan apa pun pada kita. Dan yang terbaik menurut kita, bukan berarti yang terbaik menurut Allah. Yakinkan itu dan ikhlaskanlah.

Itulah sebabnya mengapa kita janganlah terlalu berlebihan dalam mencintai mahluk begitu pun sebaliknya, kita jangan pula terlalu berlebihan dalam membencinya. Sahabat, aku pun sedang belajar melakukannya. Dan itu tidaklah mudah. Ayo kita sama-sama mempelajarinya dan saling menasihati di dalamnya!

Sahabat, kutepuk pundakmu kembali. Ayo bangkit dan tersenyumlah. Lihatlah betapa masa depan suram ketika kita bermuram. Dan alangkah indahnya alam ini ketika kita tak kunjung menyerah. Tataplah, sahabat-sahabatmu tak mengharapkan keterpurukan. Sahabatmu merindukan kau kembali, menjadi jiwa dengan semangat membaja. Lalu kita kembali menggulung gelombang tuk pecahkan karang tiada bosan. Karena kita adalah kekuatan harapan.

(Untuk sahabatku, yang kuyakin tangguh)

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi dan tag , , , . Tandai permalink.

52 Balasan ke La Tahzan Akhi

  1. Assalamualaikum….
    salam kenal Mas…
    artikelnya bagus banget..
    pengen coba buat yang kaya gitu..
    mampir ya Mas

  2. vaepink berkata:

    Tak selamanya apa yang terlihat oleh mata kita itu indah dan akan buat kita bahagia…, Namun yakinlah bahwa Allah pasti akan memberikan yang terbaik buat kita…. πŸ™‚

    “Buat sahabat akang… Ayo semangat..!!!, kebahagiaan sedang menunggu didepan sana… πŸ™‚ “

  3. cahayadihati berkata:

    Senangnya memiliki sahabat seperti bapak…
    Sangat menyakitkan memang, apalagi setelah sekian lama hubungan itu terbina dan sedemikian eratnya. Tuhan pasti sudah menyiapkan seseorang yang lebih baik untuk sahabat bapak. πŸ™‚
    Nice post…

  4. mirma yudha berkata:

    sedih ya..
    tanpa sahabat yg nemenin, dunia dah kya mw runtuh diatas kepala..
    sahabat yg bikin kita lebih tegar..

    2 sahabat2ku.. pulkam na jgn kelamaan donk, ga da yg diajak curhat ni hehehe..

  5. nurma berkata:

    πŸ˜₯ *terharu…*

  6. quantumeconomics berkata:

    tulisan yang baik.. semoga kegiatan menulis anda senantiasa mendapat balasan yang setimpal dari Yang Maha Kuasa.
    Kunjungi blog saya. baca dan analisa dengan seksama. saya berharap kita dapat meraih kemapanan finansial bersama-sama. amin

  7. adikhresna berkata:

    Saya jadi ingat pengalaman kemarin, akhi. Lama merenunginya. Menangispun tak berair mata.

    Perjalanan mencari cinta akhirnya saya mulai setelahnya. Hingga diri ini terdasar, cinta siapa yang kita cari? Allahu Akbar. Hanya cinta-Nya yang tak pernah bertepi.

    Laa tahzan, akhi. Barakallahu laka

  8. wi3nd berkata:

    [o0T]
    a’choey yakH? waa..pindah tempat nda bikan92 daku selalu berkunjun9 kerumah lama,kok sepi ternyata…

    La tahzan:jan9an bersedih
    iya jan9an bersedih,itu hanya sebuah fase hidup y9 harus dilalui,percayalah kelak sahabat kan9 haris akan mendapat y9 terbaik..
    ceman9aad akh..jan9an cen9en9..!!

  9. yanti berkata:

    Semangat dooonnnngggg.
    Kita hanya mampu berusaha dengan penuh semangat, dengan penuh keikhlasan dengan penuh kesabaran… yang lain… kita serahkan padaNYA untuk mengatur dan memutuskan…. Ya? Ya? Ya?

  10. Ardy Pratama berkata:

    Wew! Mntap sekali artikel sngkatx.. ngena bnget. Slam kenal..

  11. bayu200687 berkata:

    dan janganlah kamu merasa lemah dan jangan pula bersedih hati sebab kamu yang paling tinggi (derajatnya) jika kamu beriman…

  12. pengendara berkata:

    ini pengalaman pribadi,
    atau pengalaman sahabat pribadi,
    sulit melihat perbedaanya,

    Jelas bukan aku πŸ˜€

  13. yu2n berkata:

    ya..
    jangan bersedih.. πŸ™‚
    banyak sekali alasan untuk tidak bersedih dalam hidup ini..
    πŸ˜‰

  14. Tea berkata:

    Hmm… mirip2 kaya aku Kang, tapi ya itu life must go on

    semangad!!!

    πŸ˜€

  15. masmoemet berkata:

    maaf baru bs maen kesini kang …

  16. nanzzzcy berkata:

    termehek-mehek nih.. huaaa..hikksss…

  17. izna berkata:

    salam kenal πŸ™‚
    beruntung sekali bila punya sahabat seperti anda,..
    SmaNgattt………!! ^_^

  18. yessymuchtar berkata:

    itu nama sahabatnya anak Ku???

    Tangguh??

    hehehehe

    Ini siapa yang di tinggal menikah??..temennya atau dirimu sendiri kang?? hehehe

  19. Menik berkata:

    Jangan takut tuk bermimpi kembali, dan bangkitlah untuk meraih kenyataan kembali πŸ™‚

  20. Odie berkata:

    ada kata kata yang sering terlintas di benak ane om,

    jika kau menjalin cinta dengan seseorang, jangan berikan cintamu lebih dari 70%, karena jika kau tak lagi mencintainya, atau kau dicampakkan olehnya, masih ada 30% untuk mencari cinta lain, dan menanam cinta lagi hingga menjadi 100% lagi.

    hehehehe….

  21. adekonly berkata:

    iyaaahhh….
    jangan takut untuk bermimpi..
    *loh, apa ini? kepengaruh comment bunda.. πŸ˜† *

  22. presty larasati berkata:

    hmm…
    cinta emang abstrak..

    bener, tu.. jangan mencintai dengan berlebihan…
    bwt temen akh achoey, banguuuuuunnn!!!
    *cuma bisa teriak, gboleh ikut nepuk pundaknya soale :mrgreen: *

    jodoh, serahkan semua pada Allah.. πŸ™‚

  23. tren di bandung berkata:

    surga adalah puncak, atas semangat, harapan, kekagetan, perjuangan, puncak segalanya. baru bisa kita capai kalo kita melakukan hal2 dengan luar biasa…
    jadi tidak ada alasan untuk menjadi bersemangat dan keluar dari kesedihan untuk melakukan keluarbiasaan, kehebatan, dan kecemerlangan…

  24. Masenchipz berkata:

    yupz… mencintai mahluk Allah… karena Allah…

  25. dieyna berkata:

    Dan kutempa diri ini akan niatan dalam hati.. Robbi tunjukanku pada yang terbaik untukku

  26. ma2nn-smile berkata:

    la tahzan innallaha ma’anna

  27. yudhi14 berkata:

    Sahabat, kutepuk pundakmu kembali. Ayo bangkit dan tersenyumlah. Lihatlah betapa masa depan suram ketika kita bermuram. Dan alangkah indahnya alam ini ketika kita tak kunjung menyerah. Tataplah, sahabat-sahabatmu tak mengharapkan keterpurukan. Sahabatmu merindukan kau kembali, menjadi jiwa dengan semangat membaja. Lalu kita kembali menggulung gelombang tuk pecahkan karang tiada bosan. Karena kita adalah kekuatan harapan.

    bagus sekali untaian kata ini
    jadi suport dan pelajaran buat saya

  28. Rossa berkata:

    Hikz..
    biarkan aku mati..!!
    ;(

  29. Hasan Seru berkata:

    mas.. sharing2 ya..? aku tak mau mengalami seperti itu, moga dia benar jodohku πŸ˜€

  30. namakuananda berkata:

    Asyikk…. asyik…. ngangkat La Tahzan πŸ™‚

    Theme : Black Letterhead selalu mengisi ruang yang gelap dan hampa.

    Salam sobat.

  31. layanglayang berkata:

    semua pasti akan berlalu..

  32. ILYAS ASIA berkata:

    BERSEDIHLAH sementara, lalu lupakan

    jangan mengulangi kesedihan hari ini, karena kesedihan itu ada di masa lalu
    jangan mengulangi di alampikiran

    dia yang mencintai, pasti pantas untuk dicintai.

    ilyas asia

  33. siafa berkata:

    mesir memiliki nilnya sendiri. dan jiwa mempunyai belahan jiwanya sendiri.. namun tak pernah tau dimana yang sebelah itu.. lagi jalan jalan kali.. mungkin lagi melancong ke negri sebelah kali,kota sebelah, yang pasti bukan bumi sebelah.hehehe….emanya aliean apa…

  34. falla berkata:

    benar sekali mas haris, dari dulu aku selalu setuju dengan kata-kata “jangan mencintai pacarmu dengan sepenuhnya” dan aku ga penah setuju dengan kalimat “cinta mati”

    Cinta yang Abadi itu CIntanya Allah pada kita
    Cinta sejati itu cintanya Ibu pada kita
    dan Cinta makhluk itu hanya karna nafsu..
    πŸ™‚

  35. Ly berkata:

    Cinta tak bisa di paksakan
    Cinta pun tak selamanya harus di miliki
    u/ mu sahabat ayooo bangkit… hidup mu masih panjang πŸ™‚

  36. nAsruni berkata:

    Serojaaa.. bunga serojaaa…
    jangan kau percaya asmara dengan asmaraa..
    (mahar dalam laskar pelangi)

  37. tadi malam dia ada di mimpi saya, padahal saya sudah mulai bisa melupakan….
    tapi kenapa? kenapa selalu ada hal yg menautkan hati saya padanya,,
    saya tahu belum tentu ia jodoh saya,,
    saya kan terus berusaha untuk tidak melepas cinta yg belum haknya… diberi kepadanya… atau memang bukan,,
    entah dimana bidadari menunggu,,
    sabar… pesan saya pada diri sendiri,,

  38. endin saripudin berkata:

    Mantap… Setuju bozz !!
    TETAP SEMANGAT N SENYUM SELALU
    Karena cinta sesungguhnya milik tuhan dan harus dikembalikan pada-NYA pula …
    Mari beralih segera…
    Cintai ilmu dan memberi dengan sepenuh hati dan kehidupan…
    πŸ™‚

  39. [H] berkata:

    Ayo sahabatnya kang achoey,,smangat!! Pasti bisa mulai lembaran yg baru deh. Saya juga pernah ngalamin soalnya O_O’

  40. rismaka berkata:

    Subhanallah…
    Kata2 yg sarat hikmah bagi siapa saja yg mau merenunginya.
    Yg terbaik menurut kita bisa jadi merupakan keburukan yg tertunda.
    Allah maha tahu atas hamba-hambanya. Ingatlah, Allah telah mewajibkan DiriNya utk tdk berbuat dzalim (walau Dia mempunyai hak sepenuhnya atas hambaNya), namun kitalah yg penuh dg kedzaliman…

  41. antin berkata:

    suka nulis yah,, πŸ˜€

  42. siti asma berkata:

    kegagalan adalah awal menuju kemenangan:D

  43. FAHMY berkata:

    subhanallah, sungguh indah ya bila mempunyai sahabat yang bisa bersama sama saling nasehat menasehati dalam kebaikan dan nasehat menasehati dalam kesabaran.

  44. diandra berkata:

    hehe… tulisannya “membangun jiwa” nie…..
    iya, sometimes merupakan kabahagian tersendiri bila melihat orang yang kita sayang bisa bahagia meskipun bersanding dengan orang lain.
    *beugh!* tapi berat banget, rek!!!
    Pikiran positifnya, ada seseorang yang lebih baik yang sedang dipersiapkan-Nya untuk kita.
    Keep positive thinking and neva give up…..

    *blogwalking lagi ahhh……

  45. eka santi berkata:

    dalam hidup pasti ada cinta dan dalam cinta pasti ada ksh dan sayang…………………. yach itu lah hidup……………….. nikmati aja hidup khan masih banyak yg lain nya………………

  46. Vais Ranggo berkata:

    Assalamualaikum kang Cucu, selamat atas pernikahannya….!!!
    maaf ni baru bsa kasih selamat, tiga tahun ndak brjumpa kangen rasanya
    semoga Allah mempertemukan kita kembali
    di satu waktu….

  47. rendi berkata:

    memang benar,,,,,

    rasa sakit itu adalah anugerah

  48. Fisi berkata:

    like sangat..tapi susah ya tuk setegar itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s